Ratusan peserta Journalist Camp saat mendaparkan materi Optimalisasi Desain Website.(Luqmanul Hakim/Malang Times)

Ratusan peserta Journalist Camp saat mendaparkan materi Optimalisasi Desain Website.(Luqmanul Hakim/Malang Times)



MALANGTIMES - Saat ini website merupakan hal penting dalam program brandring yang dilakukan oleh setiap lembaga atau perusahaan. Termasuk branding sekolah melalui website. Namun, agar branding tersebut bisa berjalan maksimal dan produk yang ditawarkan menjadi laku, perlu adanya optimalisasi website tersebut.

Optimalisasi website tersebut dipaparkan  Hijrah Eko Saputra SKom kepada para peserta Journalist Camp hari ketiga yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Malang bersama Malang Times.com serta didukung AirAsia dan Indomaret di  Warung Pan Java Mulyoagung, Dau, Sabtu (6/4/2019).

"Tentukan tujuan untuk membuat website itu apa? Karena website itu berbayar. Jadi, sebelum membuat web, tentukan tujuannya untuk apa" ujar Eko saat menyampaikan materi bertema Optimalisasi Desain Website.

Dengan menentukan tujuan tersebut, maka nantinya para pengunjung website yang sudah dibuat mengetahui tujuan dari website tersebut tanpa harus bertanya-tanya.

Selanjutnya, website juga harus responsif. Artinya, website tersebut ketika dibuka melalui smartphone secara otomatis tampilannya akan berubah. Tak hanya itu. Semua tampilan di smartphone juga harus sudah tertata rapi.

"Sekarang sudah serba digital. Semua bisa diakses dengan smartphone. Ketika website itu dibuka lewat smartphone, akan otomatis tampilannya berubah dan harus tertata rapi" terangnya dihadapan ratusan peserta Journalist Camp.

Selain itu, desain web merupakan hal terpenting untuk branding dari tujuan website tersebut. Sebab, desain website menentukan jumlah dan durasi pengunjung berada dalam website yang dibuat tersebut. Sehingga dengan dengan desain website yang bagus, maka para pengunjung akan betah dan menikmati apa yang ditampilkan dalam website yang dibuat.

"Desain website itu penting. Jangan terpaku dengan desain tampilan website kuno. Sekarang sudah zamannya kekinian. Buat desain website yang kekinian juga. Semuanya tools-nya harus sudah kekinian sesuai dengan apa yang kita jual" jelasnya.

Tools tersebut dikatakannya seperti tema yang harus gunakan serasi dengan apa yang dijual. Dicontohkannya website Sayur.net miliknya. Ketika mengangkat tentang sayur, maka desain warna, tampilan, serta background harus sesuai dengan konten sayuran yang identik dengan segar.

"Sehingga nantinya dengan desain website yang serasi dengan konten yang di-upload, maka nantinya yang diharapkan adalah sebuah closing yang baik" ujarnya

Selain itu, Eko menjelaskan adanya penambahan video juga dikatakan sebagai tambahan pendukung terhadap apa yang dijual dalam website tersebut. Sehingga dengan video tersebut, pengunjung website akan semakin diperjelas lagi dengan tampilan dari video.

"Optimalisasi website itu penting untuk menjual sebuah produk yang dimiliki, sehingga nantinya branding tersebut akan lebih ditangkap oleh para pengunjung website dan mendapatkan closing seperti yang diharapkan bahkan lebih" pungkasnya.

End of content

No more pages to load