Penyematan topi oleh Deputi Kepala Perwakilan Tim Ekonomi Bank Indonesia KPW Malang Jaka Setyawan sebagai simbolis terhadap mahasiswa yang akan tergabung dalam program GenBI. (Luqmanul hakim/Malang Times)

Penyematan topi oleh Deputi Kepala Perwakilan Tim Ekonomi Bank Indonesia KPW Malang Jaka Setyawan sebagai simbolis terhadap mahasiswa yang akan tergabung dalam program GenBI. (Luqmanul hakim/Malang Times)



MALANGTIMES - Sebanyak 150 mahasiswa menerima beasiswa dari Bank Indonesia (BI) di Hotel Savana and Convention pada Jumat (5/4/2019). Ratusan mahasiswa dari tiga perguruan tinggi negeri (PTN) di Kota Malang tersebut diberi beasiswa lantaran memiliki prestasi di bidang akademik.

Sebelumnya, BI sudah menarik mahasiswa berprestasi dari dua PTN di Kota Malang. Yakni Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Negeri Malang (UM). Namun kali ini BI menggandeng satu lagi PTN Kota Malang, yaitu Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) untuk dimasukkan dalam program gabungan mahasiswa berprestasi yang menerima beasiswa dari BI yang diberi nama Generasi Baru Indonesia (GenBI).

Program tersebut, menurut  Deputi Kepala Perwakilan Tim Ekonomi Bank Indonesia KPW Malang Jaka Setyawan, ditujukan untuk pembentukan pribadi yang berprestasi yang nantinya akan menjadi calon penerus kepemimpinan negara.

“Program ini adalah program sosial Bank Indonesia (BI). Melalui program ini, kami ingin memupuk calon penerus estafet pemimpin pemimpin negara,” ujar Jaka seusai penandatanganan MOU dengan rektor UIN Maliki

Dia mengatakan bahwa program GenBI tersebut hanya diberi kuota sebanyak 50 mahasiswa berprestasi untuk setiap kampus. Sedangkan tahun ini, ia mengatakan program tersebut mengangkat tema tentang Bagaimana Meningkatkan Peran melalui Program- Program yang Berperan dalam Kegiatan Ekonomi.

Kemudian, program tersebut juga dikatakannya merupakan bagian dari program BI yang ditujukan khusus untuk pengembangan kapasitas sumber daya manusia (SDA) di Indonesia.

“Program ini sudah kami lakukan sejak lama, mulai dari tahun 90-an. Tapi terus kami gulir dan kembangkan. Saat ini total sudah ada 104 PTN di Indonesia yang sudah bergabung dalam program kami,” ujarnya

Sementara itu, untuk beasiswa yang diberikan, mahasiswa dalam setahun akan menerima beasiswa total Rp 12 juta yang diberikan setiap bulan Rp 1 juta. Dengan adanya program tersebut, ia berharap nantinya para mahasiswa berprestasi yang tergabung dalam GenBI tersebut akan menjadi generasi penerus bangsa yang berjiwa sosial.

“Di dalam GenBI nanti, mereka juga akan diberikan pembekalan. Saya berharap nantinya mereka akan menjadi mahasiswa yang berkualitan sehingga menjadi penerus bangsa yang memiliki jiwa sosial yang tinggi,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut, pihak BI menandatangani MoU kerja sama dengan tiga perwakilan dari PTN negeri yang terdiri dari rektor dan wakil rektor. BI juga memberikan simbolis dengan penyematan topi kepada mahasiswa perwakilan dari 3 PTN tersebut. Selanjutnya, para mahasiswa dibawa menuju Batalyon 464 Pashkas TNI AU untuk pengukuhan dan juga pembekalan diri dari pihak TNI AU selama beberapa hari.

End of content

No more pages to load