GP Ansor Kabupaten Malang bersiap menerjunkan 10 ribu banser dalam mengawal hari H Pemilu 2019. (GP Ansor for MalangTIMES)

GP Ansor Kabupaten Malang bersiap menerjunkan 10 ribu banser dalam mengawal hari H Pemilu 2019. (GP Ansor for MalangTIMES)



MALANGTIMES - Pada hari pencoblosan Pemilu 2019, tepatnya  17 April mendatang, Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Malang berencana menerjunkan 10 ribu Banser di seluruh TPS. Mereka menamakan gerakan tersebut dengan Gerakan Rabu Putih.

Hal ini disampaikan dalam rapat koordinasi (rakor) GP Ansor Kabupaten Malang yang dihadiri seluruh pimpinan Ansor dan  kepala Banser se-Kabupaten Malang, Jumat (05/04/2019). Salah satu hasil rakor tersebut adalah dideklarasikannya Gerakan Rabu Putih. Yakni gerakan mengawal Pemilu 2019 pada hari pencoblosan dengan memakai busana putih.

"Salah satu poin dalam rakor memang mendeklarasikan Gerakan Rabu Putih. Sekaligus untuk konsolidasi organisasi dalam menyikapi berbagai dinamika yang ada. Di hari pencoblosan, GP Ansor akan menerjunkan Banser dengan busana putih di seluruh TPS," kata Husnul Hakim Syadad, ketua GP Ansor Kabupaten Malang kepada MalangTIMES, Jumat (05/04/2019). 

Disinggung terkait deklarasi Gerakan Rabu Putih dengan melibatkan 10 ribu Banser, Husnul menyampaikan bahwa gerakan tersebut dilakukan nantinya dalam rangka mengawal proses pesta demokrasi 2019. GP Ansor menegaskan akan selalu berada di garda depan dalam mengawal seluruh proses berdemokrasi di Indonesia.

"Jadi, Gerakan Rabu Putih ini untuk pemilu damai. Harapan kita, Pemilu 2019 ini khususnya di Kabupaten Malang bisa berjalan aman, lancar dan tanpa intimidasi dari pihak mana pun," ujarnya.

Sedangkan terkait pemakaian busana putih dalam Gerakan Rabu Putih nantinya. Husnul menjawab merupakan instruksi dari pimpinan pusat. "Yang pasti kalau kita lihat warna putih kan artinya bersih dan suci. Ini pula yang ingin kita sampaikan nantinya," ucap Husnul.

Dia juga menegaskan, sebagai organisasi dalam naungan Nahdlatul Ulama (NU), GP Ansor harus taat kepada para kiai. Pun dalam instruksi pemakaian baju putih dalam Gerakan Rabu Putih. "Sehingga dalam rakor kita hari ini juga kita sampaikan terkait busana putih tersebut dalam Gerakan Rabu Putih nantinya saat hari pencoblosan," pungkasnya.

End of content

No more pages to load