Wali Kota Malang, Sutiaji (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

Wali Kota Malang, Sutiaji (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).



MALANGTIMES - Jalan rusak di Kota Malang masih menjadi polemik panjang hingga hari ini. Masyarakat terus mendorong agar Pemerintah Kota Malang segera menemukan solusi tepat untuk mengatasi masalah jalan berlubang tersebut.

Salah satu yang disampaikan warga adalah upaya mengambil diskresi dalam kaitannya pembiayaan pembenahan jalan rusak dan berlubang. Namun dari hasil pertemuan yang dilakukan Pemerintah Kota Malang dan akademisi dari 18 perguruan tinggi di Kota Malang, Kamis (5/4/2019), Sutiaji disarankan untuk tidak mengambil langkah itu.

"Diskresi disarankan untuk tidak diambil. Karena masalah jalan berlubang dan rusak saat ini dialami oleh banyak daerah di Indonesia," kata Sutiaji.

Dari hasil kajian, Sutiaji menjelaskan jika jalan berlubang di Kota Malang dikarenakan hasil dari curah hujan yang sangat tinggi. Sehingga jalan dengan kualitas standart mudah mengalami kerusakan, utamanya pada sudut jalan.

Sehingga, banyak yang menilai jika jalan berlubang bukan dalam kategori luar biasa. Sehingga diskresi sebagai upaya mengambil kebijakan prerogatif wali kota tidak diambil terlebih dulu.

"Sesuai yang direkomendasikan, maka kami tidak akan mengambil upaya diskresi," jelasnya lagi.

Saat ini, lanjutnya, tim akan terus berkoordinasi memetakan titik mana saja yang mengalami kerusakan. Kemudian perbaikan jalan baru dapat dilaksanakan saat ada perubahan anggaran keuangan (PAK). Perubahan itu sendiri masih akan dilakukan pada pertengahan tahun ini.

Di sisi lain pria berkacamata itu juga menyampaikan jika kerusakan jalan bukan hanya berkaitan dengan kualitas aspal. Melainkan kontur yanah bergerak disertai kadar air yang lumayan banyak dibanding daerah lain.

Salah satunya seperti kawasa Madyopuro dan Cemorokandang. Daerah tersebut memiliki kadar air yang tinggi dan perlu dilakukan beton sebelum diaspal.

"Sebagus apapun kualitas aspalnya, kalau saluran irigasi tak dibenahi akan percuma. Maka secara masif alan dilakukan pembenahan pada saluran irigasi di setiap sisi jalan," urainya. 

 

End of content

No more pages to load