MALANGTIMES - Satu napi teroris di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 2B Tulungagung Ridwan Sungkar hari ini (2/4/19) telah menjalani seluruh masa hukumanya. 

Ridwan yang di vonis 4 tahun dalam kasus terorisme bebas murni setelah menjalani masa hukuman.  Ridwan masuk atau mulai ditahan pada 2 April 2015 lalu.  "Ridwan bebas pada hari ini. Dia otal menjalani hukuman selama 4 tahun," kata  Erry Taruna Selasa (2/4/19).

Ridwan bebas murni tanpa ada pengurangan masa hukuman atau remisi. Pasalnya untuk mendapatkan remisi, ada syarat yang jarus dipenuhi. Salah satunya dengan mengikuti program deradikalisasi oleh BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme). "Salah satunya mengikuti deradikalisasi, yang bersangkutan tidak mengikuti itu (deradikalisasi)," terang Erry. 

Selama menjalani mas hukuman, kata Erry, Ridwan berperilaku baik dan komunikatif dengan warga binaan lainya. Dia mudah bercanda dan hubungan dengan napi lainya juga bagus. "Ikatan kekeluargaan dan bersosialisasi dengan warga binaan lain bagus," papar Erry. 

Setelah bebas dari menjalani masa hukumannya, Ridwan akan fokus mengurus keluarganya. Dengan bebasnya Ridwan Sungkar, kini dilapas Tulungagung tak lagi ada napi terorisme.

Sebelumnya ada 3 napi terorisme di lapas ini. Mereka ialah No'im Ba'asyir yang bebas pada 19 Februari 2019 lalu setelah menjalani masa hukumanya selama 5 tahun 9 bulan. Lalu Dedy Fakrizal yang dipindah di Lapas Nusakambangan. Terakhir Ridwan Sungkar yang bebas hari ini setelah menjalani 4 tahun masa hukuman.