Marcella Zalianty melihat pameran cuplikan komik yang diproduserinya saat launching

Marcella Zalianty melihat pameran cuplikan komik yang diproduserinya saat launching



MALANGTIMES - Konten pembelajaran sejarang yang isinya masih monoton membuat anak - anak kurang berminat terhadap pembelajaran sejarah. 

Karena sebab tersebut membuat salah satu artis Ibu kota berinisiatif untuk membuat sebuah komik yang berisi tentang sejarah.

Hal tersebut dinyatakan artis Marcella Zalianty artis, produser sekaligus Ketua Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) saat melaunching buku komik tentang pejuang wanita asal Aceh Laksamana Mahayati pada Senin (1/4/2019).

Dalam launching tersebut, ia menjelaskan alasan penggunaaan media komik agar tidak terkesan monoton sehingga lebih mudah dipelajari dan banyak diminati semua kalangan.

"Kita butuh konten, butuh medium yang kreatif, yang membuat anak muda dan anak kecil itu senang membacanya, bukan seperti sebuah keharusan untuk membacanya," ujar Marcella.

Lanjutnya, Marcella juga menuturkan tujuan dari pembuatan buku tersebut  karena masih kurangnya pendistribusian sejarah untuk para generasi milenial saat ini. 

Dengan buku tersebut maka para pembaca khususnya kaum milenial dan anak - anak secara tidak langsung akan belajar dengan kemauannya sendiri tanpa paksaan dari siapapun.

"Kita melihat pendistribusian sejarah itu masih kurang, jadi tujuan dengan adanya komik pahlawan itu generasi milenial akan mengenal sejarahnya, mengenal pahlawannya, dan kita memperkaya distribusi pembelajaran sejarah," jelasnya.

Kemudian, dalam pembuatan komik tersebut, dikatakannya harus melalui proses diskusi dengan tokoh - tokoh adat di Aceh. 

Pasalnya, data didapatkan tidak hanya dari Indonesia saja, namun juga didapatkan dari beberapa negara sehingga ia mengatakan bahwa masih perlu ada proses diskusi dengan pihak yang lebih mengerti tentang tokoh yang diangkat dalam komik tersebut.

"Kita mendapatkan data tidak hanya dari Indonesia saja, tapi dari beberapa negara juga. Karena Malahayati inti tidak seperti pahlawan wanita lainnya dan datanya terbatas, mau tidak mau kita harus diskusi dengan sejarawan dan tokoh adat Aceh" ujarnya.

Sementara itu, pemilihan tokoh Malahayati sendiri dikatakan Marcella karena Indonesia memiliki latar belakang negara Maritim yang merupakan sebutan untuk Indonesia. 

Hingga saat ini masih belum ada cerita tentang negara maritim khususnya yang dikemas secara kekinian.

"Laksamana Malahayati itu The First Admiral in the world, masa bangsa ini tidak tahu, kan kebangetan. Kemudian dia ini perempuan yang ada di dunia laki - laki, jadi itu adalah suatu isu yang menarik" pungkasnya.

End of content

No more pages to load