Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Sulap Pasar Rakyat Jadi Modern, Dinas Perdagangan Kota Malang Sabet KIPP 2019

Penulis : Nurlayla Ratri - Editor : Heryanto

01 - Apr - 2019, 13:23

Kepala Dinas Perdagangan Kota Malang Wahyu Setianto saat menerima Piagam KIPP 2019 oleh Ketua DPRD Kota Malang Bambang Heri. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Kepala Dinas Perdagangan Kota Malang Wahyu Setianto saat menerima Piagam KIPP 2019 oleh Ketua DPRD Kota Malang Bambang Heri. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kerja keras Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Malang menyulap tampilan pasar-pasar rakyat atau pasar tradisional menuai apresiasi. 

Dinas yang digawangi Wahyu Setianto itu berhasil menyabet Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Kota Malang 2019. 

Baca Juga : Jamin Nasib Tenaga Kerja, Disnaker-PMTSP Kota Malang Ajukan Skema Jaring Sosial

Menjadi tiga terbaik, hadiah dan piagam tersebut diserahkan tepat seusai upacara bendera HUT ke 105 Kota Malang, hari ini (1/4/2019) di Stadion Gajayana. 

"Tentu kami bersyukur, inovasi Revitalisasi Pasar Rakyat Modern ini semata-mata untuk meningkatkan layanan bagi masyarakat sekaligus upaya menghidupkan kembali pasar-pasar tradisional," terang Wahyu. 

"Dinas Perdagangan dapat penghargaan, salah satu inovasinya telah merevitalisasi pasar rakyat menjadi pasar modern," tambahnya. 

Dalam inovasi tersebut, lanjut Wahyu, tidak hanya berkaitan dengan pembangunan infrastruktur semata. 

Pihak Disdag juga menjalankan serangkaian program-program yang diterapkan untuk memaksimalkan konsep modern. 

"Kami juga menerapkan e-retribusi, optimalisasi Sembako.com, serta program pengurangan sampah plastik dengan mengganti kantong kresek dengan tas kertas," sebutnya.

Baca Juga : Hari Ini, Pemkot Malang Luncurkan Bansos Tahap Awal bagi Warga Terdampak Covid-19

Wahyu mengakui, belum semua dari 27 pasar rakyat yang telah berhasil diubah menjadi pasar semi-modern. 

"Pasarnya sebenarnya ada beberapa, tapi yang pertama kemarin fokus ke Pasar Oro-Oro Dowo. Beberapa yang sedang kami benahi misalnya Pasar Klojen. Selain itu, seluruh pasar rakyat yang ada nanti akan dijadikan pasar sehat sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI)," sebutnya.

Tak hanya itu, kini Disdag juga tengah mengebut untuk membangun pasar halal. 

"Ini juga inovasi baru yang terus dikembangkan sesuai visi Bapak Sutiaji, Wali Kota Malang yang menjadikan Kota Malang Bermartabat," pungkasnya. 


Topik

Pemerintahan Dinas-Perdagangan-Disdag-Kota-Malang revitalisasi-pasar-rakyat Kompetisi-Inovasi-Pelayanan-Publik HUT-ke-105-Kota-Malang Wahyu-Setianto pemkot-malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurlayla Ratri

Editor

Heryanto