MALANGTIMES - Rencana Pemerintah Kota Malang untuk membuat Kampung Wisata Heritage ternyata sudah banyak didengar. Masyarakat sepertinya juga sepakat dengan keinginan pemerintah untuk menyulap kawasan Kayutangan sebagai ikon wisata yang baru.

Salah satunya seperti yang disampaikan warga gang 4 Kampung Kayutangan, Astufah. Ibu rumah tangga itu menyampaikan jika ia sudah mendengar rencana pemerintah untuk menjadikan kawasan Kayutangan sebagai destinasi wisata baru.

"Saya sangat setuju jika dibuat sebagai kawasan wisata seperti di Malioboro," katanya pada MalangTIMES.

Dia berpendapat, penataan kawasan Kayutangan sebagai tempat wisata baru akan meningkatkan perekonomian masyarakat, terutama di kawasan Kayutangan sendiri. Karena saat ini, dengan adanya Kampung Heritage Kayutangan sudah banyak menyumbang perputaran uang.

"Sekarang sebagai Kampung Wisata Heritage perputaran uang sangat bagus, apalagi kalau nanti diperluas seperti yang disampaikan pemerintah selama ini," imbuhnya.

Lebih jauh dia menyampaikan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Malang sudah beberapa kali menyampaikan rencana itu. Sempat pula disampaikan  jika masyarakat di kawasan Kayutangan akan mendapat prioritas utama untuk mengisi stand ekonomi yang akan ditata nantinya.

Dia pun berharap sebelum kawasan heritage Kayutangan diperluas seperti yang direncanakan sekarang, pemerintah juga memberikan pelatihan kepada masyarakat setempat. Terutama tentang manajemen pengelolaan wisata, meski selama ini pemuda sekitar sudah aktif memberi pelatihan.

"Saat ini masih belum ada pelatihan dari pemerintah. Kalau bisa nanti akan diadakan pelatihan supaya lebih memperkuat," imbuhnya.

Di sisi lain, Amanda Egatya, warga Kecamatan Lowokwaru menambahkan, ia sangat mendukung upaya pemerintah untuk membuat destinasi baru. Karena ia menilai, itu menjadi sebuah bentuk inovasi yang dilakukan untuk menarik lebih banyak wisatawan.

"Kami sangat mendukung, tapi dengan catatan konsepnya harus jelas dan bisa mendatangkan banyak wisatawan. Selain itu juga diharapkan dapat memperkuat branding Kota Malang sebagai Kota Heritage," jelas Amanda.

Dia juga menyampaikan jika kawasan Kayutangan sangat tepat dijadikan sebagai destinasi wisata heritage. Karena di sana masih terdapat banyak bangunan lawas yang berusia ratusan tahun dan masih bertahan sampai sekarang.

Terlebih, lanjutnya, kawasan yang dulunya merupakan pintu gerbang perekonomian di Kota Malang itu juga banyak menyisakan bangunan lawas di sepanjang jalan. Dengan adanya konsep wisata heritage, dia berharap kawasan tersebut semakin dilestarikan keberadaanya.