Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menjadwalkan pelantikan jabatan tinggi pratama di lingkungan Pemkot Batu untuk tiga jabatan yang kosong. Pelantikan bisa dilaksanakn pada awal bulan April. Dengan demikian, Dewanti sudah punya nama-nama yang akan memimpin kekosongan itu.

“Kalau nama-namanya sudah ada dalam bayangan saya. Jadi setelah disetujui oleh KASN langsung tancap gas untuk pelantikan,” kata Dewanti kepada MalangTIMES.com

Ia menambahkan tiga nama untuk lelang jabatan tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sudah disetujui oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). “Tentunya yang saya inginkan mereka yang punya komitmen yang bagus, dan sudah ditentukan. Sudah dalam pemikiran dan hati saya,” imbuhnya. 

Dewanti sudah menginginkan untuk dilakukan pelantikan, melihat banyaknya program di masing-masing OPD. “Ya semoga yang terpilih itu sesuai dan kami segera melantik supaya program yang ada segera dijalankan,” harapnya. 

Ketiga Organisasi Perangkat Daerah yang dilelang itu yakni Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), dan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB).

Sebelum 9 ASN yang terpilih terdiri dari tiga ASN di masing-masing jabatan itu, ada 16 ASN pendaftar. Mereka merupakan pejabat eselon III atau golongan 4. Mereka bukan hanya ASN dari Kota Batu saja yang tertarik dengan lelang jabatan itu. Tetapi juga dari beberapa daerah di wilayah Jawa Timur. 16 ASN itu 14 di antaranya dari Kota Batu dan 2 orang dari dari Kabupaten Sumenep dan Probolinggo.

Dari Dinsos Kota Batu yang lolos itu yakni Suliyanah saat ini menjabat sebagai Kabag Humas. Lalu Muji Dwi Leksono saat ini menjabat Kabag Hukum, dan Ririk Mashuri dengan jabatan Kabid Perpustakaan Dinas Perpus dan Kearsipan.

Untuk OPD Diskominfo Kota Batu ada Aries Setiawan saat ini menjabat sebagai Kabag Protokol. Kemudian ada Lucia Aries jabatannya Kabid DP3AP2KB Kota Probolinggo, dan M Agoes Mahmudi menjabat sebagai Kepala Bidang Promosi Disparta.

Dan untuk DP3AP2KB Kota Batu ada Titing Nurhayati menjabat di Dinas Pendidikan. Lalu Dyah Liestina menjabat Kabag Pemerintahan, dan MD Furkan saat ini menjabat Kabag Organisasi Pemkot Batu.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan SDM (BKPSDM) Kota Batu Siswanto mengatakan, mereka yang lolos itu yang mendapatkan nilai tertinggi dari hasil penilaian Tim Panitia Seleksi yang diketuai oleh Tauchid Djatmiko.

Daftar itu sudah dikirimkan kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). “Dan sudah dapat persetujuan dari KASN, tiga nama itu akan dipilih secara prerogratif dan dilakukan pelantikan oleh Wali Kota Batu,” ujar Siswanto.