Apresiasi Karya Film Pendek Sineas Kota Batu, Artis Rachel Amanda Bagi Tips Buat Film

Mar 31, 2019 20:12
Rachel Amanda bersama sineas Kota Batu swafoto di di Kali-kali Cafe, Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Rachel Amanda bersama sineas Kota Batu swafoto di di Kali-kali Cafe, Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Peringati Hari Film Nasional, artis Indonesia Rachel Amanda Aurora hadir di tengah-tengah sineas Kota Batu, di Kali-kali Cafe, Kota Batu, Sabtu (30/3/2019). Rachel Amanda turut mengapreasi film Angen (Angan) karya pelajar SMKN 3 Batu yang telah berhasil ditampilkan di Jepang beberapa saat lalu.

Film pendek itu sebelumnya telah masuk nominasi dalam 12th Asian International Children's Film Festival yang digelar pada 19 hingga 28 November 2018 di Hokaido Jepang. Dan telah diputar di sana. "Keren banget pokoknya, mereka bisa membuat film hanya tiga menit tetapi pesannya dapet. Dan membuat film pendek itu gak gampang,” kata Rachel Amanda.

Baca Juga : WORO & The Night Owls Gebrak Maret dengan Album Perdananya

“Hebat, karena sebenarnya dari aturan buat film 3 menit itu susah banget. Ide film pendek dan panjang beda, tahu yang membuat dari pelajar SMKN 3 Batu keren si. Apalagi itu karya pertama yang dibuat bisa ke Jepang,” imbuhnya.

Menurutnya, potensi untuk membuat film pendek mengangkat budaya lokal itu banyak, hanya saja memang perlu usaha dan kerja keras sineas di balik semua itu. Agar penonton bisa mendapatkan pesan dari film pendek bukan hal mudah. 

Memperingati Hari Film Nasional, Rachel Amanda tidak lupa membagikan tips bagi para sineas di Kota Batu. Seperti terus melihat film sebagai referensi membuat sebuah film.

Lalu perbanyak tontonan film mulai dari film lokal dan luar negeri. Tetapi jangan melulu film Eropa atau Amerika yang menjadi referensi. “Coba perluas tontonan jangan hanya film Eropa dan Amerika. Tapi film di sekitar itu banyak yang jauh lebih bagus, negara tetangga dan lokal Indonesia,” ungkap perempuan 24 tahun ini. 

Baca Juga : Film Dokumenter The Beatles 'Get Back' Rilis September 2020

Sedang, Film Angen sendiri bercerita seorang anak SMA yang berjuang untuk mencari ilmu dengan mendapatkan beasiswa. Namun, hal itu pupus di tengah jalan karena harus dituntut untuk menikah muda, lantaran orang tuanya tak mampu lagi membiayai kehidupan sehari-harinya. 

Topik
Apresiasi Karya Film Pendek Sineas Kota BatuArtis Rachel Amanda Bagi Tips Buat FilmKali Kali Cafe Batu Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru