Mengemudi Roda Dua Sambil Merokok, Siap-Siap Dapat Surat Sayang Senilai Rp 750 Ribu

Mar 31, 2019 10:09
Ilustrasi pengendara motor sambil merokok di jalanan (Ist)
Ilustrasi pengendara motor sambil merokok di jalanan (Ist)

MALANGTIMES - Bagi Anda yang terbiasa mengendarai kendaraan roda dua, sambil asyik menikmati rokok, maka diharapkan untuk segera menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Pasalnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) resmi meliris aturan ojek online dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 12 Tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor. 

Selain mengatur soal ketentuan operasional ojek online dan tarif, ada pula aturan lain yang menyebutkan bila pengemudi dilarang merokok saat mengendarai sepeda motor.

Baca Juga : Tanggapan Resmi Gojek dan Grab soal Fitur Ojek Online yang Hilang dari Aplikasi

Walau regulasi tersebut lebih mengatur persoalan ojek online, tapi kebiasaan buruk para pengendara di jalanan, yaitu merokok saat mengendarai kendaraannya, menjadikan pemerintah juga fokus untuk lebih menegaskan larangan itu.

Pasal 6 huruf C Permenhub 12/2019 menuliskan secara gamblang terkait hal itu, "Pengemudi dilarang merokok dan melakukan aktivitas lain yang mengganggu konsentrasi ketika sedang mengendarai sepeda motor".

Merokok sambil mengendarai kendaraan ternyata menurut Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009, tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, masuk dalam klasifikasi pelanggaran pidana lalu lintas. Hukumannya  berupa pidana kurungan paling lama tiga bulan atau denda paling banyak sebesar Rp 750.000.

Hukuman tersebut, ternyata belum diketahui secara umum oleh para pengendara. Walau regulasinya telah hadir sejak 2009 serta dikuatkan atau ditegaskan ulang melalui Permenhub 2019. Seperti yang disampaikan Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Muhammad Nasir. 

"Itu sebenarnya sudah ada di UU No 22 Pasal 106 tahun 2009, cuma mungkin di Permenhub berupa penegasan. Intinya sama mengatur tata cara keselamatan dalam berlalu-lintas, arahnya kalau tidak salah lebih ke safety gear, seperti sepatu, jaket, sarung tangan, dan lain-lain," kata Nasir seperti dilansir Kompas.com.

Sebut saja Rofiq, warga Talangagung, Kepanjen, yang terbiasa melakukan perjalanan setiap hari ke Kota Malang. Dimana, dirinya terbiasa merokok sambil mengendarai roda duanya.

"Mosok, mas, rokokan isi didendo sak ngono...Gede men dendo e...serius tah Iki (Masak mas rokokan bisa kena denda segitu...besar sekali dendanya. Ini serius tah, red)" ucap Rofiq, Minggu (31/03/2019) yang juga menyampaikan, dirinya terbiasa merokok saat mengendarai sepeda motor agar tidak mengantuk.

Baca Juga : PSBB Jakarta, 5 Perjalanan KA Jarak Jauh Daop 8 Surabaya Dibatalkan

Beberapa pengendara lain yang kebetulan bisa dimintai keterangan MalangTIMES juga senada. Mereka rata-rata tidak mengetahui adanya larangan dan sanksi tersebut.

Wahyudianto, warga Jatikerto, hanya menyampaikan, bahwa memang berbahaya naik motor sambil rokokan. "Bahaya itu, konsentrasi jadi terbagi. Tidak fokus, lagi apa enaknya rokokan sambil nyetir?," ujarnya.

Nasir mengatakan dari aspek hukum, melakukan kegiatan saat berkendara yang bisa mengurangi konsenterasi memang dilarang dan ada sanksinya. Merokok saat naik motor adalah salah satunya.

"Merokok saat berkendaraan sudah termasuk melakukan aktivitas dan menggangu konsentrasi. Bahaya lain dari merokok saat berkendara ada dua sisi, baik untuk pengendara itu sendiri atau pengguna jalan lain. Atau dalam kasus ojek online mungkin bisa berdampak ke penumpangnya," urai Nasir.

Selain merokok, sebenarnya dalam UU 22/2009 juga disebutkan aktivitas lainnya yang bisa dijerat Pasal 283 dengan sanksi pidana kurungan paling lama 3 bulan atau denda paling banyak Rp 750.000. Yakni, main ponsel, kondisi mabuk sampai mendengarkan musik.
“Jadi apa pun kegiatan yang bisa menurunkan konsentrasi ketika berkendara itu dilarang dan menyalahi aturan yang sudah ada. Termasuk dua hal itu, merokok dan dengarkan musik,” pungkas Nasir.

Topik
Kementerian PerhubunganPerlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motorpengemudi sepeda dilarang merokoklarangan merokok saat berkendara

Berita Lainnya

Berita

Terbaru