Perbatasan jalan Desa Giripurno-Kecamatan Karangploso. (Foto: Irsya Richa/ BatuTUMES)
Perbatasan jalan Desa Giripurno-Kecamatan Karangploso. (Foto: Irsya Richa/ BatuTUMES)

MALANGTIMES - Pemkot Batu keberatan jika sejumlah jalan di Kota Batu menjadi jalan Kota Batu. Pemkot Batu menginginkan sejumlah jalan tersebut menjadi jalan provinsi. 

Antara lain Jalan Dieng, Jalan Raya Pandanrejo, dan Jalan Raya Girpurno. Jalan Dieng tu berada di Desa Sidomulyo Kecamatan Batu, Jalan Raya Pandanrejo di Desa Pandanrejo Kecamatan Bumiaji, dan Jalan Raya Giripurno berada di Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji.

Jalan ini merupakan pintu masik dari Kecamatan Karangploso yang menjadi jalur utama wisatawan yang akan masuk ke Kota Batu. Terlebih kendaraan yang masuk itu sering dilalui oleh bus, truk, dan kencaraan besar lainnya.

“Kenapa kita ingin jalan kota ini menjadi jalan provinsi, sebab yang melintasi sudah bus dan kendaraan yang muatannya berat,” ujar Alfi Nurhidayat, Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Batu.

Apalagi selama ini jalan tersebut sering terjadi kerusakan karena muatan yang berat melalui jalan tersebut. Sedangkan Pemkot Batu hanya mampu untuk menambal jalan tersebut.

Sehingga jika nantinya jalan tersebut bisa menjadi jalan provinisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) bisa diperuntukkan untuk jalan yang lainnya. “Kalau nanti bisa dialihkan anggaran kan bisa kita buat jalan lain yang membutuhkan,” imbuhnya.

Hanya jalan yang berada di Kecamatan Karangploso kabuapaten juga masih jalan kabupaten, tetapi hal ini sudah dikoordinasikan kepada Pemkab. “Kalau terkait jalan kabupatan itu sudah kita koordinasikan sama Pemkab dan sudah setuju,” jelas pria yang juga dosen ini.

Menurutnya, keinginan ini masih belum diketahui dapat terwujud. Akan tetapi hingga saat ini pihaknya masih menunggu. Saat ini, jalan tersebut perlu ada pelebaran, karena Kota Batu merupakan kota wisata yang jumlah wisatawannya pada tahun 2018 lalu mencapai 5,6 juta orang.