7 Tips Pintar Agar Apartemen Sempit Menjadi Lebih Luas

MALANGTIMES - Apartemen studio merupakan tipe unit yang paling banyak diminati orang. Harganya yang terjangkau dan kepraktisannya membuat banyak orang memilih tipe ini.

Namun, tinggal di apartemen berukuran studio bisa menimbulkan rasa tak nyaman lantaran ukurannya yang terlalu sempit. Terlebih jika kamu tak pintar menata ruang.

Tempat yang sempit akan terasa sumpek jika penataan ruangannya salah. Berikut ini 7 tips yang dapat kamu terapkan agar studiomu terasa lebih luas dan nyaman  ditinggali.

1. Pilih Furnitur Multifungsi
Memilih furnitur multifungsi bisa menyelamatkanmu dari sulitnya mengatur kamar maupun ruangan yang sempit. Beberapa furnitur yang berfungsi ganda di antaranya adalah tempat tidur sofa yang bisa diletakkan di ruang tengah; rak buku yang sekaligus difungsikan sebagai sekat ruangan; atau meja rias yang dibaliknya juga berfungsi sebagai lemari ini.

2. Pilih Tempat Tidur Tingkat
Penggunaan kasur tingkat bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang punya teman sekamar. Selain bisa menghemat ruang, kamu bisa memanfaatkan ruang yang tersisa untuk menaruh furnitur lain.

3. Pilih Furnitur Berukuran Kecil
Pilihlah furnitur yang berukuran kecil. Selain menghemat ruang, kamu lebih mudah untuk memindahkan furnitur tersebut jika sedang tidak ingin digunakan.

4. Perbanyak Sumber Cahaya
Ruangan yang tidak menyerap banyak cahaya bisa membuatnya terlihat lebih sempit dan tak nyaman ditinggali. Untuk itu, pandai-pandai lah membuat ruangan terlihat cerah. Contohnya dengan menambahkan jendela atau memasang lebih banyak lampu.

5. Pasang Cermin Besar
Ini meruapakan cara efektif lainnya membuat ruangan terlihat dua kali lebih besar. Kalau bujetmu terbatas, gunakan beberapa cermin heksagonal atau segi enam dan tempelkan di dinding.

6. Pasang Karpet 
Untuk memisahkan area ruang tamu dan keseluruhan ruangan, kamu bisa menaruh karpet di bawah sofa. Selain membuat tampilan apartemen lebih bervariasi, pemisah ruangan ini juga membuat tempat tinggalmu terasa lebih homey.

7. Gunakan Warna Monokrom
Jangan memakai banyak warna pada ruangan yang kecil karena akan membuat tempatmu terlihat makin sempit. Terapkanlah gaya penataan monokrom. Pilih furnitur yang warnanya senada dengan dinding.

Apartemen studio memang merupakan unit apartemen yang paling kecil. Biasanya ukuran apartemen studio yakni Netto 18 m² dan Semi Gross 21 m².

Namun, kamu bisa mendapatkan apartemen studio yang lebih luas dengan harga yang lebih murah. Meski tipe studio, kamu tidak akan merasakan rasa sempit seperti halnya di apartemen pada umumnya.

Apartemen yang menawarkan tipe studio terluas di kelasnya dengan harga yang termurah adalah The Kalindra. Lokasi The Kalindra terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani Utara No. 10, Kota Malang.

Dengan Rp 300 juta-an saja, Anda sudah bisa memiliki unit apartemen studio yang luas. Tipe studio The Kalindra adalah satu-satunya tipe studio terluas di kelasnya.

“Kalau yang lain 18 m², tapi di The Kalindra ini paling kecil luas Netto 24,75 m² dan luas Semi Gross 28,75m²,” papar Eksekutif Manager Marketing Ferdinando Redha Asmana.

"Selling point kita itu adalah tipe studio kita terluas di kelasnya," imbuh Ferdinando.

Penting untuk diketahui, The Kalindra telah menguasai 100 persen lahannya. Untuk itu, keamanan berinvestasi untuk calon penghuni terjamin.

"Milik kita SHM (Sertifikat Hak Milik). Jadi tidak ada sengketa karena dari awal sudah kita bebaskan tahun 2008, sudah lama," pungkas Ferdinando.

Top