Capres RI nomor urut 01 Joko Widodo saat mendapat syal Arema di GOR Ken Arok, Kota Malang. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Capres RI nomor urut 01 Joko Widodo saat mendapat syal Arema di GOR Ken Arok, Kota Malang. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Ada kejadian menarik yang terjadi saat Calon Presiden (Capres) RI nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menggelar kampanye di GOR Ken Arok, Kota Malang pada Senin (25/3/2019) malam. Yakni ketika CEO Arema FC Agoes Soerjanto didampingi tokoh Aremania pendukung Arema FC, Ovan Tobing mengalungkan syal Arema ke Jokowi. 

Saat momen itu berlangsung, Agoes Soerjanto tidak melakukan orasi atau memberikan sambutan. Hanya Ovan Tobing yang sempat menyampaikan orasi selama sekitar lima menit. "Di samping saya ini ada calon presiden. Awakmu kate nyoblos tapi lali nomere yo opo awakmu (Kalian mau nyoblos tapi lupa nomornya? Nol? Satu," ujar Ovan saat menyapa sekitar 10 ribu massa yang hadir.

Ovan juga sempat menyapa Iriana yang hadir mendampingi Jokowi. "Kita berada di malam ini menghadiri acara untuk mengetuk hati. Dan saya akan memberikan gambaran bahwa dari rahim Bhumi Arema ini saat ini anak-anak muda yang membawa nama Malang dan nama nusa dan bangsa," tuturnya. 

Dia pun lantas menyebut tiga nama. "Adalah Sam (Mas) Hadi Tjahjanto kera Ngalam arek Malang asli Singosari yang kini menjabat Panglima TNI. Selain itu juga ada Iwan Budianto yang saat ini masih ada di PSSI dan ada CEO Arema Agoes Soerjanto," sebutnya. 

Ovan mengungkapkan soal kekuatan persatuan warga Malang. "Malang menjadi satu, kita punya payung besar yang seyogyanya mendamaikan kita yang disebut Arema. Boleh kalian punya beda dan ketidaksamaan karena sebenarnya Indonesia itu beragam sukunya. Janganlah itu menjadi perseteruan di antara kita," sebutnya.

Meski tidak menyerukan ajakan langsung untuk mencoblos paslon tertentu, Ovan mengajak massa yang hadir untuk memanfaatkan suara yang dimiliki. "Semoga saja kita menitipkan doa setiap malam sampai tanggal kita harus mencoblos. Datanglah dengan kepastian pilihan, datanglah mencoblos dengan hati. Kalau kalian mencintai Arema, mencintai karena hati," tuturnya. 

Sebelumnya, Jokowi sempat menyapa seluruh massa yang hadir dengan Salam Satu Jiwa. Tak hanya itu, dia juga memuji kekompakan warga Arema. "Inilah Singo Edan, yang selalu kompak dan militan. Inilah barometer di bidang seni, olahraga, kuliner, politik, semuanya ada di Malang Raya," sebutnya.