MALANGTIMES - Malang tak hanya dikenal dengan sektor pariwisatanya saja, tapi juga dikenal sebagai Kota Pendidikan. Sehingga Malang dikatakan menjadi barometer dari bidang pendidikan di Provinsi Jawa Timur.  Hal tersebut diungkapkan oleh Mendikbud Muhadjir Effendy pada Senin (26/3/2019).

Ia mengatakan bahwa Malang adalah barometer pendidikan di Jatim karena fasilitas di sekolah yang ada di Malang sudah memadahi. Hal tersebut dikatakannya ketika ia berkunjung ke sekolah kejuruan di Kabupaten Malang untuk meninjau langsung fasilitas yang diberikan sekolah untuk para siswanya dalam mendukung proses belajar mengajar.

Dalam peninjauannya tersebut, Muhadjir melihat langsung tempat praktik yang ada di SMK negeri maupun swasta yang ada di Kecamatan Singosari. Hasil peninjauan tersebut, ia mengatakan bahwa fasilitas dari sekolah yang ada di Malang dikatakannya sudah memadahi. Bahkan ia tuturkan fasilitas tersebut lebih baik daripada fasilitas yang ada di sekolah di daerah lain.

“Menurut saya, fasilitas sekolah di Malang, baik swasta ataupun negeri, saat ini sudah memadahi, bahkan lebih baik dari SMK di daerah lain yang pernah saya kunjungi," ujar Muhadjir kepada MalangTIMES.

Hal tersebut dikatakannya setelah ia meninjau langsung gedung praktik dari SMK PGRI Singosari dan SMK Negeri 1 Singosari. Ia kagum dengan fasilitas yang diberikan sekolah tersebut kepada siswa mereka. Terlebih lagi, ketika ia mengetahui ada SMK di Kabupaten Malang bahkan hingga mendapat bantuan sarana dan prasarana dari salah satu perusahaan manufaktur terbesar berupa alat berat kepada SMK tersebut. Maka dari itu, Muhadjir mengatakan bahwa untuk barometer pendidikan di Jatim adalah Malang.

“Pendidikan di Malang seharusnya memang lebih baik dari daerah lain, barometer dari pendidikan di Jatim adalah Malang,” pungkasnya.