Jajaran Pemerintah Kota Malang saat rayakan HUT Satpol PP, Linmas, dan Damkar di Balai Kota Malang (Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).
Jajaran Pemerintah Kota Malang saat rayakan HUT Satpol PP, Linmas, dan Damkar di Balai Kota Malang (Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).

MALANGTIMES - Upacara Peringatan HUT ke 69 Satpol PP, Pemadam Kebakaran dan Satuan Linmas digelar di halaman Balai Kota Malang, Senin (28/3/2019) pagi. Wakil Wali Kota Malang (wawali), Sofyan Edi Jarwoko atau yang akrab disapa Bung Edi bertindak sebagai pemimpin upacara pada puncak peringatan HUT tersebut.

Saat menyampaikan amanat Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, Bung Edi mengatakan jika dukungan Satpol PP dan Satlinmas sangat penting dalam menyukseskan Pemilu Tahun 2019. "Termasuk bagaimana fungsi Satpol PP dalam menegakkan Perda dan penyelenggaraan ketertiban umum harus juga ditingkatkan," katanya.

Lebih jauh dia menyampaikan, satuan Linmas juga harus aktif berperan dalam membantu menjaga ketentraman dan ketertiban umum. Khususnya pada saat menjelang Pemilu hingga pasca pesta demokrasi itu berakhir. "Satlinmas juga diharapkan berperan dalam penanggulangan bencana, serta tugas sosial kemasyarakatan lainnya," imbuhnya.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut politisi Golkar itu juga berpesan agar masyarakat turut menjaga kualitas penyelenggaraan pemilu. Dengan tujuan pesta demokrasi ini dapat berjalan sesuai dengan kaidah luber dan jurdil serta bermartabat.

"Kita harus menjadi barisan terdepan dalam melawan Racun Demokrasi, yaitu politik uang, politisasi sara, serta penyebaran hoaks. Harus dipastikan agar semua pihak dan komponen bangsa ini mematuhi aturan dan berpolitik secara elegan," tuturnya.

Bahkan, para Aparatur Sipil Negara (ASN) juga diharapkan menjaga netralitas dalam Pemilu 2019. "Saya berharap seluruh aparatur sipil negara harus menjaga netralitas dalam proses pemilihan umum nanti," imbuhnya lagi.

Sementara itu, nampak hadir jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Malang, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Malang, Sekretaris Daerah Kota Malang, Pejabat TNI/POLRI Kota Malang, Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK, serta Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Malang.