Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat menyerahkan papan imbauan untuk dipasang pada ruang dan area Balai Kota Among Tani, Senin (25/3/2019). (Foto: ist)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat menyerahkan papan imbauan untuk dipasang pada ruang dan area Balai Kota Among Tani, Senin (25/3/2019). (Foto: ist)

MALANGTIMES - Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Batu di Balai Kota Among Tani dilarang buang sampah plastik. Sebab Balai Kota Among Tani Kota Batu sekarang bebas dari sampah plastik, Senin (25/3/2019).

Hal ini dilakukan sesuai dengan instruksi Wali Kota Batu nomor 3 tahun 2019 tentang perwujudan Balai Kota Among Tani bebas plastik. Karena itu Wali Kota Batu menyerahkan secara simbolis tumbler dan totebag di Balai Kota Among Tani. 

Serta papan imbauan bertuliskan ‘Area Bebas Kantong Plastik’ untuk dipasang pada ruang dan area Balai Kota Among Tani kepada perwakilan ASN. Disiapkan sebanyak kurang lebih 400 tumbler dan totebag yang dibagikan kepada ASN.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan, Balai Kota Among Tani ditetapkan sebagai kawasan bebas sampah plastik. Sebagai upaya untuk mengurangi sampah plastik khususnya di Kota Batu.

“Semua unsur mendukung agar ASN tidak menggunakan kemasan plastik dilarang menggunakan gelas kemasan plastik atau botol plastik,” ucap Dewanti.

Salah satu upaya itu dilakukan dengan meminta kepada ASN membiasakan menggunakan tumbler dan totebag. Rupanya hal ini sudah menjadi kebiasaan Dewanti.

“Saya sudah lama memanfaatkan tumbler dan totebag. Jadi ke mana-mana saya bawa itu agar tidak menggunakan kemasan plastik,” imbuhnya.

Menurutnya dengan para ASN tidak menggunakan kemasan yang berbau plastik itu agar bisa menjadi contoh bagi masyarakat di Kota Batu. “Ya kami juga ingin memberikan contoh kepada masyarakat, supaya ditiru,” jelas istri Eddy Rumpoko ini.