Terpilih Jadi Ketua PMI Kabupaten Malang, Jajuk Rendra Kresna: Modal Saya Bismillah

MALANGTIMES - Pemilihan ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang masa bakti 2019-2024 telah selesai. Hasil rapat formatur dalam musyawarah yang dilakukan Sabtu (23/03) lalu di Hotel Pelangi Kota Malang, telah terpilih sang ketua baru PMI Kabupaten Malang. Yakni Hj Jajuk Rendra Kresna yang menggantikan ketua PMI Kabupaten Malang lama, yaitu H Rendra Kresna.

Terpilihnya Jajuk Rendra Kresna tersebu tentunya akan memberikan warna berbeda dalam tubuh PMI Kabupaten Malang yang, menurut dia, merupakan PMI percontohan di Indonesia. Hal ini didasarkan pada latar belakang Jajuk yang juga merupakan ketua tim penggerak PKK Kabupaten Malang sekaligus Bunda PAUD.

Kepada MalangTIMES, Jajuk menyampaikan dirinya tentu sangat bersyukur mendapat amanah tersebut. "Tentunya bersyukur bahwa saya  diberi amanah untuk menjadi ketua PMI Kabupaten Malang ini. Ini amanah yang berat tentunya bagi saya," ucapnya, Senin (25/03/2019) saat dikonfirmasi terkait jabatan barunya tersebut.

Jajuk melanjutkan, dirinya  bermodal 'bismillah' dan akan berusaha mempertahankan PMI Kabupaten Malang yang telah memiliki jejak sosial kemanusiaan yang begitu luar biasa selama ini. "Modal saya bismillah. Ini amanah yang berat tapi Insya Allah dengan banyaknya dukungan yang ada pasti menjadi ringan," ucap Ketua PMI Kabupaten Malang yang secara langsung dilantik oleh Ketua PMI Jawa Timur Imam Utomo.

Dukungan yang dimaksud Jajuk adalah adanya kepengurusan yang telah terbukti selama ini memiliki track record baik dalam menumbuhkan dan mengembangkan PMI Kabupaten Malang. Dalam tugasnya sebagai ketua nantinya, Jajuk didampingi  tiga wakil ketua. Yakni, Willem Petrus Salamena (kepala BPKAD), Bambang Istiawan (kepala BPBD), dan drg Mahendrajaya (direktur RSUD Kanjuruhan).

Sedangkan di pengurusan lainnya, jabatan sekretaris  dipegang Aprillijanto, bendahara oleh Moch. Immanudin serta anggota  yang terdiri dari Eru Supriambodo, Muhammad Amiruddin, Yafan Supriadi,  Pantjaningsih Sri Rejeki, dan dr Ratih Maharani.

Di ketua dewan kehormatan, terdapat Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Malang Hafi Lutfi dengan anggota H Yusuf dan Darjono.
Jajuk menyampaikan, komposisi tersebut merupakan formasi solid. "Karena beliau-beliau ini orang-orang hebat di bidangnya. Sehingga harapan ke depan, PMI Kabupaten Malang semakin lebih baik lagi," ujarnya.

Dia juga menegaskan bahwa pesan ketua PMI Kabupaten Malang lama yang menitipkan adanya jalinan kerja sama solid dengan pemerintahan, relawan serta organisasi masyarakat lainnya.

Disinggung latar belakangnya selama ini yang berkutat di PKK dan PAUD serta kini menjabat sebagai ketua PMI Kabupaten Malang, Jajuk memiliki rencana yang akan mengelaborasikan dua lembaga tersebut dalam proses saling menguatkan tujuan dengan PMI.

"Kita bisa nanti lebih memasifkan fungsi-fungsi di PKK maupun PAUD terkait sosial kemanusiaan yang diemban PMI. Misalnya dengan menggalakkan fungsi pembelajaran saling tolong-menolong sesama di tingkat PAUD maupun berbagai kegiatan lainnya di PKK. Satu sama lain bisa saling mengisi dan menguatkan. Insya Allah dengan modal bismillah semua bisa berjalan baik dan lancar," urai Jajuk.

Top