Temui Pelanggan COD, Pria Ini Langsung Diringkus Polisi

MALANGTIMES - Kasus pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) masih marak terjadi di wilayah hukum Polres Malang. Baru-baru ini, jajaran kepolisian Unit Reskrim Polsek Dampit berhasil mengamankan seorang jaringan curanmor. Tersangkanya diketahui bernama Agung Septian Andrianto, warga Jalan KH. Agus Salim Kelurahan Sisir Kota Batu. Dia ditangkap pada Sabtu (23/2/2019) malam.

Diperoleh keterangan, tersangka diamankan polisi ketika hendak menjual sepeda motor yang merupakan hasil curian. “Tersangka yang kami amankan ini, terlibat dalam jaringan curanmor. Yakni bertindak sebagai penadah barang curian. Kasus ini masih kami kembangkan, termasuk memburu pelaku utamanya,” kata Kapolsek Dampit, AKP Amung Sri Wulandari, Minggu (24/3/2019).

Dari tangan tersangka, petugas juga mengamankan beberapa barang bukti. Di antaranya satu unit sepeda motor Honda Scoopy nopol N-3333-AL. Kendaraan tersebut diketahui milik seorang korban yang bernama Khaninun Mufrodin, warga Jalan Kauman Desa Pagedangan Kecamatan Turen.

“Dari hasil penyidikan kami, motor tersebut dicuri ketika diparkir di wilayah Kecamatan Bululawang. Aksi pencurian ini terjadi pada pada bulan Juni 2018 lalu,” sambung Sri kepada MalangTIMES.com

Kasus ini terungkap berawal dari kecurigaan petugas, akan laporan masyarakat jika ada motor scoopy yang dijual dengan harga murah. Ketika itu sang penjual berdalih jika kendaraan dalam kondisi bodong alias tidak dilengkapi surat. Hal inilah yang dijadikan modus pelaku untuk menjual motor dengan harga miring.

Tanpa menunggu lama, anggota seketika dikerahkan untuk melakukan pendalaman, dengan menyamar sebagai calon pembeli. Ketika dihubungi melalui telphone selular, tersangka bersedia melepas kendaraan yang dia jual dengan harga Rp 5 juta.

Mendapat kesepakatan tersebut, petugas akhirnya mengajak tersangka untuk melakukan transaksi secara COD (Cash On Delivery). Yakni dengan janjian bertemu di depan toko swalayan yang berlokasi di Desa Majang Tengah Kecamatan Dampit.

Setibanya di lokasi kejadian, petugas seketika meringkus tersangka. Pria yang saat ini berusia 30 tahun ini hanya bisa pasrah saat digelandang ke Mapolsek Dampit. "Menurut penuturannya, tersangka mengaku mendapatkan motor itu, dari seorang temannya. Akibat perbuatannya, pelaku dijerat pasal 363 KUHP subsider pasal 480 KUHP,” ujar perwira polisi dengan pangkat tiga balok dibahu ini.

Top