Para pelaku yang tertangkap (Satreskoba)
Para pelaku yang tertangkap (Satreskoba)

MALANGTIMES - Pemakai atau pemadat maupun pengedar narkoba, seakan tak ada habisnya meski telah ditangkapi oleh pihak Kepolisian. Terbukti, dengan ditangkapnya kembali pengguna narkoba oleh aparat Polres Malang Kota. Pelaku diketahui seorang pria bernama Wisnu Wardani (35) asal Simomulyo, Surabaya yang menjadi pengguna narkoba.

Dia ditangkap polisi setelah kedapatan membawa kristal methapitamine alias ubas atau yang lebih akrab dikenal sabu-sabu. Ia ditangkap petugas, setelah petugas mendapatkan informasi dari masyarakat tentang peredaran sabu-sabu di kawasan Sukun. Petugas yang terus menyelidiki adanya informasi itu, kemudian mendapati identitas dari Wisnu.

Dari situ anggota langsung saja melakukan penangkapan terhadap tersangka. Tersangka ini ditangkap di kawasan Jalan Janti Barat, Blok A, Kelurahan Bandungrejosari, Kecamatan Sukun, Kota Malang. "Ditangkap pada 21 Maret 2019 pukul 21.30 WIB di Jalan Janti Barat blok A, dari tangan tersangka, polisi menemukan barang bukti berupa sabu seberat 0,56 gram," jelasnya (23/3/2019).

Selain mengamankan barang bukti sabu tersebut, petugas juga mengamankan handphone milik pelaku, yang diduga memang digunakan untuk melakukan transaksi narkoba dengan pemasok barang haram tersebut.

"Kalau pelaku ini tinggalnya di kawasan Sukun Pondok Indah (SPI). Sampai saat ini terus kita kembangkan, guna mengungkap pemasok barang kepada pelaku," bebernya

Dil ain waktu, petugas sebelumnya juga berhasil menangkap pengguna dan juga pengedar  narkoba berjenis sabu. Dua pelaku diamankan anggota Satreskoba Polres Malang Kota pada Jumat (15/3/2019).

Saat itu polisi mendapat informasi dari anggota jika akan terjadi transaksi sabu di kawasan Jalan kolonel Sugiono, Kota Malang. dan ketika sampai di lokasi petugas mendapati dua orang pelaku di TKP. Dua orang tersebut yakni IC alias Yoyok (35) warga Jalan Kolonel Sugiono.

Saat digeledah, ditemukan barang bukti seberat 0,46 gram yang disimpan dalam saku celananya. dari situ kemudian petugas langsung melakukan pengembangan dan kembali berhasil menangkap konsumen dari Yoyok, yakni  DH (38) warga Jalan Kolonel Sugiono. "Nah DH ini merupakan tetangga dari Y ini.  Ditangkapnya nggak lama setelah menangkap Y. Dari tangan DH barang bukti yang diamankan yakni sabu seberat 0,79 gram dan satu buah pipa besi," bebernya

Pasal yang dikenakan terhadap pelaku, Wisnu dan DH, yakni Pasal 112 ayat 1 UU nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika, ancaman hukuman minimal empat tahun penjara. Sementara untuk Yoyok, karena sebagai pengedar, dikenakan pasal Untuk tersangka IC alias Yoyok dikenakan Pasal 112 ayat (1) dan atau Pasal 114 ayat (1) UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara.