Tips Menulis Cerita Mini Ala Ayu Utami

Mar 22, 2019 21:37
Sastrawan Ayu Utami (kiri). (Foto: Imarotul Izzah/MalangTIMES)
Sastrawan Ayu Utami (kiri). (Foto: Imarotul Izzah/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kamu ingin mempunyai kemampuan merangkai kata-kata layaknya sastrawan? Kamu kerap berusaha menulis puisi atau cerita namun gagal karena tak mempunyai ide?

Baca Juga : KITAB INGATAN 101

Kabar baiknya, kamu tak harus punya ide untuk sekadar menulis puisi atau cerita mini. Hal ini dinyatakan sendiri oleh penulis novel Saman dan Bilangan Fu, Ayu Utami saat berkunjung ke Universitas Brawijaya (UB) beberapa waktu yang lalu.

"Kamu nggak harus punya ide untuk sekadar menulis puisi atau menulis cerita-cerita mini. Tidak harus langsung menulis puisi hebat. Kamu harus latihan tiap hari. Latihlah dengan hal-hal sederhana," ujar penulis yang baru saja merilis buku berjudul Anatomi Rasa ini.

Ayu memberikan rumus sederhana, yakni menggunakan pola pikir silang. Menurutnya, setiap kata itu mempunyai makna. Nah, makna itu bisa dicari dengan mencari tension atau asosiasi dari kata tersebut. "Tension itu ketegangannya dengan konsep-konsep lain atau tension kedalaman maknanya," jelasnya.

Nah, inilah yang bisa kamu olah ketika berkreasi. Latihan membuat puisi atau cerita mini sendiri menurut Ayu Utami seperti halnya olahraga. Latihan-latihan ini harus dibiasakan agar otak lebih fleksibel dan otot-ototnya kuat untuk mengarang.

Baca Juga : KITAB INGATAN 100

"Rileks dan terbuka. Biarkan struktur-struktur di kesadaran kita yang tidak kita sadari itu bekerja. Nanti dia bekerja secara alamiah, natural, tapi kita nanti bisa menganalisanya. Inilah sihir kreativitas," tandas novelis yang dikenal sebagai pendobrak kemapanan, khususnya masalah seks dan agama itu.

Jadi, dalam model berpikir kreatif, perlu ditekankan pola pikir silang yakni dengan mencari tension dari satu kata. Ayu sendiri mencontohkan kata perempuan yang memiliki tensi kata lelaki. Serta kata senja yang memiliki tensi dengan kata fajar. Kata perempuan sendiri memiliki asosiasi dengan melahirkan. Jadi, cerita mini yang terbentuk adalah "Perempuan itu bernama Senja. Setiap malam ia melahirkan bayi lelaki bernama Fajar."

Topik
Berita Malangmenulis puisi atau cerita miniNovelUniversitas Brawijaya (UB)Ayu UtamiSastrawan Ayu UtamiTips Menulis Cerita Mini

Berita Lainnya

Berita

Terbaru