Buah Manis Gencarnya Sosialisasi SLF, 10 Gedung di Kota Malang Segera Punya Sertifikat Laik Fungsi

Mar 21, 2019 18:04
DPUPR Kota Malang saat melakukan sosialisasi SLF. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
DPUPR Kota Malang saat melakukan sosialisasi SLF. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES -  Sosialisasi demi sosialisasi yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang berkaitan dengan sertifikat laik fungsi (SLF) bagi bangunan gedung  tampaknya berbuah manis.

Sosialisasi kerap dilakukan dan menyasar seluruh pelaku usaha maupun pemilik gedung di Kota Malang. Dalam pengajuan tahun 2019 sampai  Maret 2019, sudah 10 bangunan yang saat ini dokumen SLF-nya tinggal menunggu tanda tangan wali kota.

"Dua minggu lalu ada empat bangunan yang kami ajukan ke Pak Wali. Minggu lalu juga ada empat bangunan. Dan baru-baru ini juga ada dua bangunan yang kami ajukan. Semua dokumennya sudah kami periksa dan sudah clear," ungkap Sahabbudin, kepala seksi (Kasi) bangunan gedung Bidang Cipta Karya DPUR Kota Malang (21/3/2019).

Baca Juga : Tangkal Covid, Pemkab Malang Sediakan Safe House di Seluruh Desa

Menurut dia, dari 10 yang diajukan tersebut, memang kebanyakan adalah gedung atau rumah yang digunakan sebagai tempat usaha. Sebab, dalam kepengurusan surat izin usaha seperti surat izin usaha perdagangan (SIUP), tanda daftar usaha pariwisata (TDUP) gedung yang digunakan harus memiliki SLF dan hal itu sudah tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 tahun 2018 tentang pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik.

"Sehingga mau tidak mau, untuk mendapatkan nomor induk usaha di Online Single Submision (OSS), harus terdapat SLF. Jika tidak terdapat itu, maka tidak akan bisa keluar izinnya," ucap Sahabbudin.

Sementara itu, sampai 2018 akhir, di Kota Malang, dari ribuan gedung yang terdata oleh DPUPR Kota Malang, saat ini yang sudah memiliki dokumen SLF sebanyak 17 gedung.  Namun dengan adanya PP 24 tahun 2018, DPUPR yakin bahwa pemohon SLF akan mengalami peningkatan dan semakin menambah jumlah gedung bertingkat SLF di Kota Malang.

Baca Juga : Sederet Megaproyek Pemkot Malang Ditunda, Termasuk Pembangunan Mini Block Office

"Dengan memiliki SLF, tentu para pelaku usaha yang memanfaatkan bangunan gedung, seperti hotel, akan semakin mudah untuk mengembangkan usahanya. Misalnya menaikkan bintang, menambah kenyamanan konsumen, konsumen semakin percaya jika menginap di hotel yang sudah memiliki SLF bisa terjamin keamanannya," pungkasnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Berita MalangDinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR)Kota Malangsertifikat laik fungsi (SLF)Sahabbudinsurat izin usaha perdagangan (SIUP)tanda daftar usaha pariwisata (TDUP)Online Single Submision (OSS)

Berita Lainnya

Berita

Terbaru