Apresiasi Seniman yang Tinggi Bikin Galeri Raos Jadi Jujugan Masyarakat untuk Pameran

Mar 21, 2019 15:23
Salah satu karya pelajar SMPN 1 Pujon di Galeri Raos. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Salah satu karya pelajar SMPN 1 Pujon di Galeri Raos. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Meskipun tidak luas, Galeri Raos satu-satunya jujukan setiap orang yang ingin menggelar pameran lukisan di Kota Batu. Ya, selama ini, apresiasi karya yang sangat tinggi  terhadap galeri di Jalan Panglima Sudirman itu membuat masyarakat luar daerah tak ragu memamerkan karya mereka di sini.

Baca Juga : WORO & The Night Owls Gebrak Maret dengan Album Perdananya

“Apresiasi karya yang sangat tinggi, karena di Kota Batu ini banyak seniman. Bahkan pelajar pun jika ada pameran selalu datang,” kata Ketua Galeri Raos Abdul Rokhim.

Selain itu, antusiasme masyarakat Kota Batu mulai dari pelajar hingga dewasa sangat tinggi dengan hadirnya pameran yang ada di Galeri Raos. “Di samping secara geografis Kota Batu sangat nyaman, di sini juga tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan juga,” imbuhnya. 

Rokhim menjelaskan, setiap bulannya, Galeri Raos menjadi rebutan banyak daerah untuk memamerkan karyanya. Mulai dari Jogjakarta, Semarang, Solo, Bali, Surabaya, maupun Malang Raya sendiri.

“Yang jelas masyarakat seniman dari Jawa Timur dan sebagainya. Mereka yang menggelar (pameran)  di sini mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa, dan umum,” imbuhnya, Kamis (21/3/2019).

Hal itu diungkapkan oleh guru SMPN 1 Pujon Djoeari Soebardja yang sedang menggelar pameran Art of Nature bersama pelajarnya di Galeri Raos. Ia mengatakan, selain kota wisata, Kota Batu juga terkenal karena seniman yang berkelas.

Baca Juga : Film Dokumenter The Beatles 'Get Back' Rilis September 2020

“Pemilihan tempat baginya karena jangkauan pengunjung lebih luas,” kata Djoeari. 

Di sana sejumlah 190 pelajar memamerkan sebanyak 125 karya lukis. Kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin tahunan karena masuk ke dalam ujian praktik mata pelajaran seni budaya. Jika tahun sebelumnya diadakan di desa-desa, sekarang mencoba keluar dari Kecamatan Pujon.

“Dan Kota Batu jadi tempat pertama. Ingin membuat terobosan baru dengan melebarkan sayap di luar Pujon,” imbuhnya.

Topik
Berita BatuGaleri RaosApresiasi SenimanBikin Galeri Raos Jadi Jujugan MasyarakatKetua Galeri Raos Abdul Rokhim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru