Petugas gabungan saat berupaya mengevakuasi material longsor yang menutup akses jalan penghubung antara Malang - Kediri, Kecamatan Pujon (Foto : PMI Kabupaten Malang for MalangTIMES)
Petugas gabungan saat berupaya mengevakuasi material longsor yang menutup akses jalan penghubung antara Malang - Kediri, Kecamatan Pujon (Foto : PMI Kabupaten Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pada pertengahan bulan maret ini, bisa dikatakan curah hujan masih tinggi. Akibatnya beberapa bencana masih sering terjadi. Salah satunya seperti musibah longsor yang terjadi di Dusun Kedungrejo Desa Sukomulyo Kecamatan Pujon.

Diperoleh keterangan, longsor terjadi pada Minggu (17/3/2019) malam. Tepatnya sekitar pukul 19.20 waktu setempat. Sesaat sebelum kejadian, hujan deras sempat mengguyur beberapa wilayah di Kecamatan Pujon.

Berselang beberapa jam kemudian, hujan deras memicu terjadinya longsor di Dusun Kedungrejo. Tepatnya di RT 40 RW 10, tebing dengan tinggi sekitar 15 meter amblas dan meyebabkan akses jalan provinsi yang menghubungkan Malang-Kediri tertutup sebagian.

“Tidak ada korban jiwa atas insiden ini, hanya saja separuh badan jalan tertutup timbunan material longsor,” kata Kasubsi Penanggulangan Bencana PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Malang, Mudji Utomo, Senin (18/3/2019).

Pristiwa ini seketika dilaporkan ke perangkat desa setempat, dan dilanjutkan ke instansi terkait. Mendapat laporan tim gabungan dari TNI, PMI Kabupaten Malang, dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), diterjunkan ke lokasi kejadian. “Kami juga berkoordinasi dengan Dinas PU Bina Marga, guna mendatangkan alat berat untuk mengevakuasi material longsor yang menutup sebagian akses jalan,” sambung Utomo kepada MalangTIMES.

Utomo menambahkan, meski jalur lalu lintas sempat disiasati menggunakan sistim buka tutup. Informasi terkini, akses jalan di lokasi kejadian sudah kembali normal. “Penguna jalan sempat beegantian karena jalurnya hanya bisa dilalui dari satu arah, namun hari ini (Senin) informasinya arus lalu lintas sudah kembali normal,” imbuhnya.

Seperti yang sudah diberitakan sebelummya, diwaktu yang nyaris bersamaan hujan juga mengakibatkan dua pemukiman warga roboh. Yakni dua rumah milik Supeno dan Ismail warga Dusun Gondang Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Meski dua rumah dikabarkan rusak parah, namun tidak ada korban jiwa atas insiden ini.