Muhammad Safi’i beserta barang bukti hasil pencurian saat diamankan polisi, Kecamatan Jabung (Foto : Humas Polres Malang For MalangTIMES)

Muhammad Safi’i beserta barang bukti hasil pencurian saat diamankan polisi, Kecamatan Jabung (Foto : Humas Polres Malang For MalangTIMES)



MALANGTIMES - Pelaku pencurian kian nekat dan mahir saat melancarkan aksinya. Seperti kejadian nahas yang dialami Samsul Arifin warga Dusun Busu Desa Slamparejo Kecamatan Jabung. Lantaran teledor, sepeda motor miliknya raib digondol maling hanya dalam hitungan menit.

Dari informasi yang dihimpun MalangTIMES, pristiwa ini terjadi pada Rabu (13/3/2019). Tepatnya sekitar pukul 23.00 waktu setempat. Saat itu korban baru saja sampai dirumah, setelah sempat berpergian karena ada urusan. Sesampainya di rumahnya, pria yang kesehariannya bekerja sebagai seorang pedagang ini, memarkirkan sepeda motor Vario nopol N-4937-AAK miliknya, di teras depan rumahnya.

Sebelum masuk kedalam rumah, korban memastikan jika sepeda motor miliknya sudah dikunci stir. Berselang beberapa saat kemudian, korban membuka pintu dan menaruh beberapa barang didalam rumah. Tidak lama setelahnya, Samsul berniat memasukkan kendaraannya kedalam garasi. Namun saat kembali kedepan rumah, pihaknya sudah tidak mendapati sepeda motor miliknya berada di teras. “Sekitar 10 menit saya masuk kerumah untuk menaruh barang dan menyiapkan parkiran. Setelah itu saya kembali kedepan rumah, dan mengetahui jika sepeda motor saya sudah tidak ada di teras,” kata Samsul saat dimintai keterangan polisi.

Mengetahui jika dirinya baru saja menjadi korban pencurian, pria 35 tahun itu akhirnya melaporkannya ke Polsek Jabung. Mendapatkan laporan beberapa personel kepolisian diterjunkan ke lapangan untuk melakukan penelusuran.

Berdasarkan olah TKP (Tempat Kejadian Perkara) dan keterangan beberapa saksi, diduga kuat pelaku sempat merusak kontak kunci sepeda motor. Sebelum akhirnya membawa kabur kendaraan korban.

Dari hasil penyelidikan yang dilakukan polisi selama dua hari paska kejadian, pelaku pencurian mengarah kepada Muhammad Safi’i warga Dusun Busu Desa Slamparejo Kecamatan Jabung. Sebab sesaat sebelum kejadian, pelaku yang masih tetangga korban ini, nampak berseliweran di sekitar lokasi kejadian. “Dari hasil penyelidikan, barang hasil curian disembunyikan pelaku di rumah neneknya,” kata Kasubag Humas Polres Malang, AKP Ainun Djariyah.

Setelah mengamankan sepeda motor hasil curian, Kamis (14/3/2019). Polisi akhirnya melakukan pengembangan, dan memperoleh informasi jika pelaku diketahui sedang berada di kawasan Jalan Kawi Desa/Kecamatan Jabung. Tanpa menunggu lama, petugas bergegas mengamankan yang bersangkutan. Ketika diamankan, pria 20 tahun itu hanya bisa pasrah dan mengakui semua perbuatannya.

Akibat aksi nekatnya, pelaku harus mendekam dibalik jeruji tahanan Polsek Jabung, Jumat (15/3/2019). Hingga kini, penyidik masih menggali kesaksian tersangka. Termasuk mengembangkan kasus tersebut. Sebab ada dugaan jika aksi pencurian yang dilakukan pelaku, bukan kali pertama terjadi.

“Barang bukti beserta seorang pelakunya sudah kami amankan, kasus ini masih dalam proses penyidikan. Tersangka kami jerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Ancamannya tujuh tahun penjara,” ujar perwira polisi dengan pangkat tiga balok dibahu ini.

 

End of content

No more pages to load