Beli Apartemen yang Belum Dibangun, Kenapa Tidak? Cermati 3 Hal Berikut

MALANGTIMES - Saat ini banyak sekali developer yang mengembangkan properti apartemen dengan cara memasarkannya terlebih dahulu. Sedangkan, bentuk fisik apartemennya sendiri belum ada.

Namun Anda tidak perlu khawatir, justru ini kesempatan emas Anda untuk berinvestasi apartemen karena harga yang dipatok jauh lebih murah ketimbang jika membeli apartemen yang sudah jadi.

Selain itu, membeli apartemen yang belum dibangun juga menjadi salah satu tren investasi properti yang sedang digemari masyarakat di seluruh dunia. Kelak, setelah apartemen tersebut jadi, pembeli akan menjadi orang pertama yang merasakan pengalaman tinggal di sana.

Namun, ada yang harus Anda perhatikan jika ingin ikut investasi apartemen yang belum di-groundbreaking. Berikut 3 hal yang perlu Anda cermati.

1. Pilih developer yang sudah punya reputasi

Pilih developer yang menghasilkan banyak portofolio apartemen yang selesai dibangun. Jadi, cari tahu reputasi developer dengan cara melihat gedung-gedung yang pernah mereka bangun. Lakukan survei lokasi, dan lihat apakah gedung-gedung tersebut dihuni dan dirawat dengan baik atau tidak oleh manajemen pengembang.

Di Kota Malang, terdapat satu apartemen dengan developer yang memiliki rekam jejak yang baik dalam mengembangkan proyek besar, yakni apartemen The Kalindra. The Kalindra adalah suatu kawasan elit yang terdiri dari town house, apartemen, Aston City Hotel yang berdiri di atas lahan 3,5 hektar. Lokasinya nanti berada di Jalan Jenderal Ahmad Yani Utara No. 10, Kota Malang.

2. Pastikan bangunan apartemen tidak berada dalam keadaan sengketa

Banyak masyarakat trauma membeli apartemen karena lahan dari pengembang yang bermasalah. Di berbagai kota, banyak kasus sengketa lahan apartemen yang kemudian merugikan calon penghuni. Apartemen akhirnya gagal dibangun karena sengketa lahan.

Untuk itu penting  memastikan kepada developer mengenai kelengkapan perizinannya. Agar pembangunan apartemen lancar dan tidak bermasalah di kemudian hari, developer sebagai pihak pengembang harus memenuhi berbagai izin.

Nah, salah satu apartemen di Kota Malang yang dijamin tak akan ada permasalahan sengketa adalah apartemen The Kalindra. Dalam proses pengembangannya, pihak developer terus berusaha mengikuti semua prosedur perizinan yang disyaratkan untuk membangun sebuah apartemen. Hingga, perizinan sebentar lagi akan rampung.

Sejak awal, pihak developer dari The Kalindra memang sudah berkomitmen untuk mengikuti dan melengkapi semua prosedur yang disyaratkan pemerintah. Hal ini dilakukan agar memperlancar proses pembangunan sehingga berjalan dengan baik.

The Kalindra telah menguasai 100 persen lahannya. Jadi, lahan dari pengembang sama sekali tak bermasalah. Untuk itu, ada jaminan keamanan berinvestasi untuk calon penghuni.

"Milik kita SHM (Sertifikat Hak Milik). Jadi tidak ada sengketa karena dari awal sudah kita bebaskan tahun 2008, sudah lama," pungkas Eksekutif Manager Marketing, Ferdinando Redha Asmana.

Soal izin sendiri, The Kalindra sudah proses untuk menuju site plan.

"Kita sedang proses untuk menuju site plan. Jadi semua apartemen, terutama project high rise di Malang itu semuanya mengikuti. Proses kita sudah masuk ke pemerintahan," ungkapnya.

Sedangkan target untuk site plan The Kalindra sendiri adalah pertengahan tahun 2019.

"Baru nanti selanjutnya proses AMDAL dan segala macam," pungkasnya.

3. Pantau perkembangan pembangunan apartemen

Jangan segan untuk tanyakan kepada developer kapan bangunan dirampungkan. Dan pastikan tidak ada halangan ketika proses pembangunan.

Apartemen eksklusif The Kalindra akan dibangun pada tahun 2020, bersamaan dengan ground breaking hotel bintang empat Hotel Aston. Hal ini dinyatakan oleh Eksekutif Manager Marketing, Ferdinando Redha Asmana.

"Dengan Aston kurang lebih sama. Karena kita connecting. Struktur fondasi kita connecting. Jadi mau nggak mau ketika Aston itu dibangun apartemen pun pondasinya juga ikut dibangun," ujar Ferdinando.

Memang, konsep pertama adalah ground breaking Hotel Aston. Kemudian Town House. Aston akan beroperasi pada tahun 2021. Sedangkan, serah terima apartemen The Kalindra dikatakan Ferdinando pada tahun 2022.

"Apartemen Kalindra akan serah terima di awal 2022. Karena total lahan itu 3,5 hektar. jadi beda dengan kayak apartemen lain yang luasnya cuma 6000 sampai 8000," paparnya.

 

Top