Prakiraan cuaca hari ini (BMKG)

Prakiraan cuaca hari ini (BMKG)



MALANGTIMES - Prakiraan cuaca hari ini, Kota Malang harus waspada angin kencang. Karena berdasarkan pemantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) siang ini ada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di Kota Pendidikan ini.

Selain Kota Malang, potensi hujan disertai angin kencang itu juga kemungkinan terjadi di Kabupaten Malang dan beberapa wilayah lain di Jawa Timur. Diantaranya Kabupaten Pasuruan, Bangkalan, Kabupaten Madiun, Tulungagung, Trenggalek, Nganjuk, Ponorogo, Kabupaten Blitar, Kabupaten  Kediri, Pacitan, Lamongan, Sumenep, Batu, Kota Malang, Kota Mojokerto, Kota Blitar, Kota Madiun, Kota Pasuruan, Surabaya, Kota Kediri, Sidoarjo, Magetan, Kabupaten Probolinggo dan Situbondo.

Sebelumnya, Deputi Bidang Meteorologi, Mulyono Rahadi Prabowo melalui keterangan tertulisnya mengimbau agar masyarakat waspada dengan kondisi cuaca selama pekan ini. Karena potensi curah hujan tinggi masih akan terjadi di beberapa wilayah Indonesia.

"Sedangkan terkait tinggi gelombang, kapal-kapal yang melewati perairan barat Sumatera, wilayah Samudera Hindia di Selatan Jawa Tengah dan Jawa Timur hingga wilayah perairan Laut Arafuru bagian barat untuk meningkatkan kewaspadaan karena tinggi gelombang diperkirakan antara 2.5 meter - 4 meter," katanya.

Lebih jauh dia menyampaikan, periode bulan Maret mulai memasuki periode peralihan dari musim hujan ke musim kemarau. Sehingga potensi hujan cukup rendah terutama di wilayah Pantai Timur Sumatera, utamanya wilayah Riau dan sekitarnya. Maka perlu diwaspadai adanya peningkatan potensi kemudahan kebakaran hutan dan lahan di wilayah tersebut.

Sedangkan berdasarkan analisis Fire Danger Rating System (FDRS) tanggal 05 Maret 2019 lalu, dapat disampaikan, potensi kemudahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan masih cukup tinggi di wilayah Sumatera Utara bagian timur, Riau bagian timur, Kepulauan Riau, Jambi bagian timur, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Utara, Sulawesi bagian utara dan Maluku Utara.

End of content

No more pages to load