Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo. (Foto: Imarotul Izzah/MalangTIMES)

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo. (Foto: Imarotul Izzah/MalangTIMES)



MALANGTIMES - Pertumbuhan ekonomi Indonesia menunjukan tren positif dan stabil selama lima tahun terakhir. Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo menyampaikan, pertumbuhan ekonomi Indonesia selama lima tahun terakhir berada di angka 5,17 persen. "Jadi masih di dalam tren yang membaik," ujarnya saat ditemui wartawan usai kuliah tamu di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya (UB), Selasa (12/3).

Menurutnya, pertumbuhan itu didorong dari permintaan domestik yang kuat, baik dari konsumsi hingga investasi. Namun, investasi lah yang menurutnya adalah kunci ekonomi Indonesia. "Khusus investasi itu kunci ekonomi kita bisa terus tumbuh membaik karena memberikan valued yang lebih besar kepada perekonomian," ungkapnya.

"Olah produksinya juga semakin panjang, tidak saja membantu pada investasi domestik itu sendiri, tentunya juga ke ekspor," imbuhnya.

Ia pun mengatakan jika investasi di manufaktur juga menjadi peran penting, sebab skill ekonomi Indonesia dapat diperluas apabila manufakturnya juga semakin baik. "Dari segi manufaktur itu juga baik. Kami melihat ranking Indonesia dari sisi kepastian usaha terus meningkat secara global. Jadi itu bagian dari kami meyakinkan bahwa investasi di domestik itu baik," pungkasnya.

 

End of content

No more pages to load