Salah satu makan yang berada di Purwokerto. (Foto: ist)

Salah satu makan yang berada di Purwokerto. (Foto: ist)



MALANGTIMES - Orang yang sudah meninggal biasanya akan dimakamkan di pemakaman umum. Namun di beberapa negara ini, anehnya ada makam berada di area jalan umum atau jalan raya.

Berikur 5 makam yang berada di tengah area umum, namun tidak dapat dipindahkan.

1. Makam di Jalanan Ternate

Sebuah makam terletak di pinggir jalan di Ternate. Namun warga setempat tidak ada yang mengetahui siapa gerangan yang bersemayam dan pemilik makam tersebut. Namun konon, jika hari raya tiba, ratusan orang datang ke makam ini dan menaburkan irisan daun pandan dan berdoa.

Menurut warga setempat, dahulu makam misterius tersebut sempat akan dipindahkan guna untuk pembangunan jalan. Namun kabarnya operator mesin berat yang digunakan untuk memindahkan makam justru meninggal dunia. Salah satu dugaan yang beredar di masyarakat, makam ini bukanlah makam orang sembarangan. 

2. Makam Tua di Tengah Jalan Purwokerto 

Warga setempat menceritakan, tidak diketahui pasti kapan makam itu dibangun. Namun, makam itu ada pada zaman penjajahan Belanda. Makam itu juga dikeramatkan. Para petinggi negeri yang ingin naik jabatan hingga penjual yang ingin dagangannya laris kerap bertapa, menaburkan bunga, hingga memberikan sesaji di makam tersebut. 

3. Makam Diapit Gedung Tinggi di China