Perjalanan Karier Seungri Big Bang Sebelum Putuskan Mundur dari Dunia Entertainment

MALANGTIMES - Anggota termuda boygrup kenamaan asal Korea, Seungri Big Bang baru saja memberi pengumuman mengejutkan melalui media sosialnya. Pada Senin (3/3/2019) kemarin, pria kelahiran 1990 itu menyampaikan pesan pada penggemar bahwa ia akan mundur dari dunia entertainment.

Keputusannya itu tak lain berkaitan dengan skandal yang menjeratnya sejak hampir dua bulan terakhir. Di mana namanya terjerat dalam kasus prostitusi hingga peredaran obat-obatan terlarang. Pria yang hobi Jiu-Jitsu itu bahkan dikabarkan masih dalam kondisi tertekan dengan pemberitaan yang ada setelah ditetapkan sebagai tersangka. 

"Hallo, Ini adalah Seungri.
Di titik ini, kurasa yang terbaik adalah aku mundur dari dunia entertainment. Aku memutuskan untuk pensiun dari dunia entertainment karena masalahku ini telah menjadi gangguan sosial yang terlalu besar. Untuk kasus yang sedang dalam investigasi, aku akan mengikuti proses investigasi dengan rajin dan mengungkap semua kecurigaan.

Mendapatkan kritik dan benci dari publik selama satu setengah bulan dan semua agen investigasi di negeri ini memeriksaku, aku bahkan dipojokkan sebagai pengkhianat negara. Secara pribadi aku tidak bisa menoleransi menyakiti orang-orang di sekitarku untuk menolong diriku sendiri.

Aku sungguh berterima kasih pada semua fans di dalam dan luar Korea yang telah memberikanku cinta yang begitu banyak selama 10 tahun terakhir, dan kurasa ini saat di mana aku harus berhenti meski (untuk melindungi) kehormatan YG dan Big Bang.
Sekali lagi, aku meminta maaf dan maaf.
Aku sungguh berterima kasih pada semuanya sampai saat ini," isi surat Seungri yang disampaikan melalui media sosialnya.

Keputusan member termuda Big Bang itu pun mendapat respons dari agensi tempatnya bernaung. YG Entertainment pun menyampaikan jika keputusan Seungri tersebut diambil tanpa melakukan diskusi terlebih dulu dengan perusahaan. YG Entertainment juga menyampaikan jika saat ini Seungri merasa sangat tertekan dengan kasus yang menimpanya tersebut, dan belum ada satu pun bukti yang membenarkan keterlibatan Seungri dengan kasus yang masih berjalan tersebut. 

Sementara itu, bagaimana sebenarnya perjalanan karir pria yang juga bergelut dalam dunia kuliner tersebut? Berikut ulasan yang berhasil dirangkum MalangTIMES dari berbagai sumber.

Seungri sendiri memiliki nama asli Lee Seung-hyun. Sebelum menjadi bagian dari Big Bang, pria asal Gwangju itu memulai karirnya sebagai pemimpin sekaligus anggota grup tari ternama di kampung halamannya bernama II Hwa.

Pria yang terkenal energik itu pertama kali muncul di televisi dalam acara realitas Let's Cokeplay: Mnet Battle Shinhwa. Program tersebut merupakan salah satu acara untuk boygrup Shinhwa yang mencari anggota baru menjadi boygrup dan menjadi Shinhwa generasi ke dua.

Namun saat itu Seungri tereliminasi. Hingga akhirnya ia mengikuti audisi yang dibuat oleh YG Entertainment. Pada episode sembilan, Seungri tereliminasi. Tapi CEO YG Entertainment Yang Hyun Suk memberinya kesempatan dan berhasil dilakukan Seungri.

Seungri pun kemudian dikenalkan dengan anggota Big Bang lainnya yaitu G-Dragon, Taeyang, TOP, Daesung, dan Jang Hyun-seung. Namun sebelum debut pertamanya sebagai grup, Jang Hyun-seung memutuskan mundur, dan Big Bang pun dikenalkan dalam format lima anggota yaitu G-Dragon, Taeyang, TOP, Daesung, dan Seungri.

Sukses sebagai boygrup yang mendunia, karir Seungri bersama Big Bang pun meroket. Seungri melebarkan sayap ke dunia akting dengan tampil dalam sebuah drama musikal, yakni Sonagi pada 2008. Kemudian pada 2009, ia kembali menjajal aktingnya dalam drama musikal berjudul Shouting.

Dia juga merambah dunia perfilman dan film pertamanya berjudul Why Did You Come to My House? yang dirilis pada Oktober 2009. Film keduanya berjudul 19 yang juga dibintangi T.O.P dan mantan aktris YG, Heo Yi Jae dan dirilis pada November 2009.

Selain merambah dunia akting, Seungri juga tak ketinggalan melakukan aktivitas solo, dan berhasil meroket pada lagu solo ke duanya berjudul Stong Baby. Sine tersebut dirilis dalam promosi kedua untuk album studio kedua Big Bang, Remember. Ia berhasil meraih triple crown pertamanya untuk Strong Baby di SBS Inkigayo.

Seungri merilis album mini solo pertamanya, VVIP, pada 20 Januari 2011. Di 2011, sederet penghargaan juga ia dapat dari album yang dibuatnya itu. Di tahun yang sama pula, ia kembali berakting dalam serial drama retro berjudul Lights and Shadows yang ditayangkan di saluran MBC.

Seungri melebarkan sayapnya dengan melakukan promosi di Jepang pada 2012 lalu. Sederet acara variety show di negeri sakura itu pun ia ikuti dan namanya melejit.

Pada 2013, Seungri kembali mengeluarkan mini album ke duanya, Let's Talk About Love dan melakukan promosi di Korea dan Jepang. Pada 2014, Seungri kembali mencoba peruntungannya di dunia akting dan membintangi drama akhir pekan SBS bertajuk Angel Eyes bersama rekan satu labelnya, Ku Hye-sun.

Sementara pada 2018, Seungri kembali beraktivitas sebagai penyanyi solo setelah ke empat anggota Big Bang dalam masa wajib militer. Salah satu single berjudul 1.2.3 berhasil meroket.

Pria yang juga berprofesi sebagai DJ itu pun melakukan kolaborasi dengan rapper andalan boygrup Winner yang satu agensi dengan dirinya, yaitu Song Min Ho (Mino) dalam album solonya tersebut. Single bertajuk Where R U From itu pun turut berhasil dan diterima penggemar.

Sebelum tertimpa skandal prostitusi dan obat-obatan terlarang, Seungri awalnya dijadwalkan mengikuti wajib militer pada 25 Maret mendatang. 

 

Top