MALANGTIMES - Perang terhadap kantong plastik kembali dikumandangkan Pemerintah Kota Malang.

Dalam waktu dekat, Peraturan Wali Kota (Perwali) terkait pengurangan penggunaan kemasan plastik itu akan segera direalisasikan.

Wali Kota Malang Sutiaji menjelaskan, perang terhadap kemasan plastik itu kembali digencarkan untuk mengurangi sampah plastik yang terus mengalami peningkatan setiap tahun. 

Sejak awal 2019 ini, setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Malang bahkan sudah diminta untuk mengurangi kemasan plastik dalam setiap kegiatan.

"Dalam rapat maupun kegiatan sehari-hari di kantor sudah diimbau agar ASN tidak menggunakan kemasan plastik. Lebih baik membawa botol atau bekal dari rumah. Atau minum di kantin langsung dengan gelas tanpa sedotan. Semua sudah dilaksanakan, dan tinggal Perwal akan segera dibuat dalam waktu dekat," kata Sutiaji pada wartawan, Minggu (10/3/2019).

Pria berkacamata itu juga menjelaskan, jumlah sampah plastik di Kota Malang yang mencapai 243 ton per tahun itu harus terus ditekan. 

Semua harus dimulai, dan setiap ASN wajib menjadi contoh yang baik. 

Terlebih program pengurangan sampah plastik ini merupakan program nasional yang harus disukseskan semua daerah.

Sebelumnya, Wali Kota Malang sudah mengeluarkan imbauan untuk mengurangi penggunaan kantong dan kemasan plastik itu melalui Surat Edaran Wali Kota Malang Nomor 660/829/35.73.307/2018 tentang Imbauan Pengurangan Penggunaan Plastik.

Surat edaran tersebut menyusul kebijakan nasional tentang pengelolaan sampah berupa pengurangan sampah plastik dan menindaklanjuti surat edaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tanggal 28 Februari 2018 Nomor SE.3/UM/RT/SET.1/2/2018 tentang Imbauan Penyediaan Hidangan Rapat Bebas Kemasan Plastik.

Dia pun mengimbau agar setiap kegiatan yang dilakukan OPD selalu menyediakan konsumsi yang bebas kemasan plastik. 

Selanjutnya menggunakan botol minuman non plastik dan bekal untuk kebutuhan konsumsi pribadi sehari-hari.

Selain itu ia juga mengimbau agar Rumah Sakit dan Puskesmas di Kota Malang tidak menggunakan kemasan plastik saat melakukan rapat. 

Kemudian agar perusahaan swasta dan masyarakat menyediakan hidangan rapat dengan kemasan yang lebih mudah terurai.