Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Kota Batu Sekarang Punya Satgas Maha Satu Khusus untuk Berantas Narkoba di Kalangan Pelajar

Penulis : Irsya Richa - Editor : Heryanto

11 - Mar - 2019, 20:12

Satgas Anti Narkoba dari SMAN 2 Kota Batu saat berada di Balai Kota Among Tani. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Satgas Anti Narkoba dari SMAN 2 Kota Batu saat berada di Balai Kota Among Tani. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Badan Nasional Narkoba (BNN) Kota Batu bersama Pemkot Batu terus berupaya agar angka pemakai narkoba bisa berkurang. 

Salah satu jebolannya ada dengan membuat Satuan Tugas (Satgas) Mahkota Anak Kota Wisata Batu (Maha Satu).

Satgas Maha Satu ini dibentuk pada akhir tahun 2018 lalu. Terbentuknya Satgas ini karena permintaan dari Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko agar bisa mendampingi di luar sekolah. 

“Jika satgas narkoba itu mendampingi pelajar saat 8 jam sekolah. Kalau yang Satgas Maha Satu ini perannya mendampingi di luar sekolah,” kata Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kota Batu, Kompol Edi Hariadi Kartika.

Satgas Maha Satu itu merupakan gabungan dari Forum anak berjumlah kurang lebih 25 orang.

Mereka bertugas mendampingi diluar jam sekolah. 

Sama halnya dengan satgas anti narkoba, peran mereka ada untuk menyosialisasikan bahaya narkoba dengan cara mendekatkan diri kepada pelajar maupun teman-teman mereka. 

“Ya tentunya adanya satgas ini bisa mengurangi jumlah pemakai dan korban secara signifikan di Kota Batu,” imbuhnya, Minggu (10/3/2019).

Peran satgas yang tergabung mulai jenjang SMP, SMA, dan sebagainya diberi tugas tidak hanya punya kemampuan melindungi dirinya. 

Tetapi juga kepada temannya dari segala ancaman penyalahgunaan narkoba. 

“Memberikan informasi. Dijangkau diberikan pendampingan, dan mereka ini punya kemampuan unuk menganatomi lingkungan. Apa yang berisiko,” ujar Edi.

Tidak hanya Satgas Maha Satu, tetapi satgas anti narkoba itu dimiliki dibeberapa sekolah. 

Antara lain, SMAN 1, 2, dan 3. Lalu SMKN 1, 2, dan 3. Lainnya SMK Ma’arif, SMK Islam, MAN, Sekolah Immanuel mulai dari jenjang SMP dan SMA, dan sebagainya.

Satgas Sri Kandi mereka tergabung dalam ibu-ibu yang tugasnya menganatomi perilaku anak di rumah. 

“Karena peran ibu banyak di rumah, sehingga yang tahu dan mengetahui itu ibu. Sehingga dibentuk Satgas Sri Kandi,” jelasnya. 

Ia pun berharap dengan dibentuknya satgas ini bisa mengurangi angka pengguna narkoba di Kota Batu. Juga untuk membentengi narkoba masuk di Kota Batu.

“Tindakan yang kami lakukan ketika ada pemakai kita lakukan rehabilitasi bukan mendapatkan hukuman sehingga jangan takut,” harap Edi. 

Sementara itu Devita Eka Putri anggota Satgas Anti Narkoba menambahka perannya adalah menganatomi temannya yang terlihat tidak biasa. Seperti murung, tiba-tiba prestasinya turun drastis, dan sebagainya.

Di sanalah tugas Satgas Anti Narkoba itu hadir. Tetapi tidak mudah untuk bisa langsung mendekatlan diri kepada mereka. 

“Dan enggak semua teman itu mau dan terbuka saat kita berada di sana,” ucap Devita. 

 


Topik

Pemerintahan malang berita-malang Satgas-Anti-Narkoba Balai-Kota-Among-Tani Badan-Nasional-Narkoba-(BNN) Pemkot-Batu


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Heryanto