Ilustrasi tanda tangan digital dalam adminduk (Ist)

Ilustrasi tanda tangan digital dalam adminduk (Ist)



MALANGTIMES - Evaluasi yang ditindaklanjuti dengan loncatan-loncatan ide progresif dalam pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) patut diacungi jempol.

Berbagai perbaikan dalam memudahkan masyarakat mendapatkan hak dasar dalam adminduk, terus ditingkatkan. Salah satunya adalah gagasan layanan tanda tangan digital yang saat ini sedang dimatangkan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Malang.

Layanan tanda tangan digital yang merupakan gagasan dari Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, di kabupaten Malang sedang benar-benar diseriusi dan dimatangkan agar bisa segera direalisasikan.

"Saat ini kita uji cobakan sekaligus dimatangkan betul. Agar nantinya saat diberlakukan juga di tingkat kecamatan sudah bisa berjalan semuanya," kata Sri Meicharini Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang beberapa waktu lalu.

Lantas apa yang akan mengubah proses adminduk masyarakat dengan adanya layanan baru tanda tangan digital tersebut.

Rini sapaan akrab Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang, menyampaikan, dengan layanan tersebut proses pengurusan adminduk akan semakin mudah dan cepat. Dimana layanan tersebut tidak lagi menggantungkan kebutuhan tanda tangan kepala dinas untuk selalu ada di tempat. 

Seperti diketahui, jabatan Kepala Dispendukcapil, tidak murni selalu berkutat di belakang meja. Tapi berbagai kegiatan di luar kantor, baik di dalam daerah maupun luar, juga menjadi bagian tugas yang melekat pada jabatan tersebut. Sehingga, sebelum adanya layanan tanda tangan digital, penerbitan adminduk yang wajib ada tanda tangan basah Kepala Dinas, mengharuskannya stand by di satu tempat.

"Lewat layanan tanda tangan digital tidak lagi tergantung hal tersebut. Proses penerbitan admibduk bisa dilakukan dari jarak jauh saat, misalnya saya ada tugas di luar kantor," ujar Rini menguraikan kelebihan layanan tersebut.

Tanda tangan kepala dinas nantinya cukup dibuat di telepon seluler, tablet atau piranti lainnya. "Ini juga nantinya bila sudah dijalankan, masyarakat atau pemohon tidak harus datang ke kantor dinas. Cukup diterbitkan di kecamatan wilayah pemohon masing-masing," imbuh Rini.

Adanya layanan tanda tangan digital dalam adminduk tersebut, walaupun saat ini masih dalam proses penyempurnaan, telah mendapat apresiasi masyarakat Kabupaten Malang.
Beberapa warga menyampaikan, dengan adanya layanan tersebut akan semakin mempermudah mereka dalam mengurus adminduk yang saat ini masih harus rela mengantri di kantor Dispendukcapil Kabupaten Malang.

"Tentunya kita senang kalau ini sudah bisa dijalankan. Ini bisa menghemat waktu dan biaya transportasi ke kantor catatan sipil ini. Saya dukung dan semoga bisa segera dijalankan," ujar Armandho W (30) warga Karangkates, Sumberpucung, Kamis (07/03/2019) kepada MalangTIMES.

Warga lainnya pun menyambut dan mengapresiasinya. Sebut saja Siti Muntanah warga Pakis, beberapa waktu lalu, juga mengatakan hal senada. "Bagus itu kalau sudah bisa dipakai cara itu. Jadi tidak jauh-jauh ke sini. Semoga saja bisa berjalan. Kan kasihan warga yang jauh-jauh kalau harus ngurus KTP atau KK harus datang ke sini," ungkapnya.

End of content

No more pages to load