Petugas kepolisian saat memantau kondisi lalu lintas jembatan underpass Karanglo, Kecamatan Singosari, Selasa (5/3/2019) (Foto : Satlantas Polres Malang for MalangTIMES)
Petugas kepolisian saat memantau kondisi lalu lintas jembatan underpass Karanglo, Kecamatan Singosari, Selasa (5/3/2019) (Foto : Satlantas Polres Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kabar gembira bagi pengguna jalan yang hendak berkunjung ke Malang dan sekitarnya. Hal ini menyusul dari diberlakukannya akses jembatan underpass,yang ada di simpang empat Karanglo, Kecamatan Singosari. Terhitung sejak Selasa (5/3/2019) pagi, pengemudi sudah bisa melalui jalur tersebut.

Kanit Turjawali Satlantas Polres Malang Ipda Ahmad Taufik menuturkan terdapat beberapa jalur yang bisa dilalui pengguna jalan, terkait dibukanya jalur underpass tersebut.

Terutama bagi pengguna jalan yang melintas dari arah Kota Malang menunju Surabaya. “Sebelum diberlakukan underpass, semula hanya dibuka dua lajur. Saat ini sudah ditambah menjadi tiga lajur,” kata Taufik kepada MalangTIMES.

Mantan Kabag Humas Polres Malang ini menambahkan, jika dari arah Kota Malang, dari yang sebelumnya menerapkan sistim contra flow. Saat ini sudah menjadi satu jalur, sehingga dari arah Surabaya menuju Batu. Pengguna jalan tinggal serong kearah kiri dan menuju jalur tol. Setelah melintasi jembatan, pengemudi tinggal belok ke kanan menuju arah Kota Batu. 

“Ketika sistem contra flow, badan jalan menjadi lebih sempit. Hal ini mengakibatkan kepadatan lalu lintas terjadi. Namun saat underpass dibuka, badan jalan lebih lebar sehingga arus lalu lintas menjadi lebih lancar,” imbuhnya.

Kebijakan tersebut juga berlaku bagi pengemudi yang melintas dari arah Kota Batu menuju Kota Malang. Jika sebelumnya pengguna jalan harus melintasi contra flow, saat ini hal itu sudah tidak diberlakukan lagi. Bagi pengendara yang hendak menuju Kota Malang,  tinggal langsung naik melintasi jembatan underpass Karanglo.

Sememtara itu, dari pantauan MalangTIMES, hingga saat ini arus lalu lintas terpantau lancar. Meski demikian, beberapa personel kepolisian nampak diterjunkan ke lapangan, guna mengatur jalannya lalu lintas di jembatan underpass yang baru saja diberlakukan tersebut. 

“Kami berharap dengan dibukanya jembatan underpass ini, dapat memperlancar arus lalu lintas. Dihimbau bagi pengguna jalan agar senantiasa mematuhi peraturan lalu lintas, serta mengutamakan keselamatan,” tutup Taufik.