Wali Kota Malang Sutiaji (tengah) saat berfoto bersama warga di Pasar Bunulrejo. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES)
Wali Kota Malang Sutiaji (tengah) saat berfoto bersama warga di Pasar Bunulrejo. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Sejumlah pasar tradisional atau pasar rakyat di Kota Malang tengah dibenahi. Harapannya, saat pasar makin bersih maka minat masyarakat berbelanja kembali tinggi. Wali Kota Malang Sutiaji pun terus mengimbau warga untuk melestarikan pasar tradisional. 

Baca Juga : Ahmad Riza Patria Resmi Dilantik Wakil Gubernur Jakarta, Kerja Mulai Besok

Hal ini disampaikan lagi oleh Sutiaji saat hadir di Pasar Bunulrejo, Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing. Dalam kegiatan lintas elemen itu, hadir pula anggota Komisi XI DPR RI Nurhayati Ali Assegaf dan Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Malang Wahyu Setianto. 

Sutiaji mengatakan, pasar rakyat di Malang terus berbenah dan akan dilakukan melalui dana pemerintah pusat maupun daerah. Tujuannya agar masyarakat kembali mencintai pasar tradisional. "Kami ciptakan kenyamanan kita hilangkan kesan jorok dan kotor di pasar tradisional," terangnya.

"Bahkan, saya menganjurkan agar aparatur sipil negara (ASN) belanja di pasar tradisional," tambah Pak Aji, sapaan akrabnya. Pasar Bunulrejo sendiri saat ini telah dalam masa perbaikan. Kini, pasar tersebut tampil bersih dengan jarak antar lorong pasar yang  tertata rapi. Tampilannya, mirip dengan Pasar Oro-Oro Dowo. 

Sementara itu, anggota DPR RI Komisi XI Nurhayati Ali Assegaf menyampaikan keberadaan pasar-pasar inilah yang menjaga inflasi supaya tidak ada lonjakan harga. Jika harga-harga bisa terpantau dengan baik, masyarakat tidak di rugikan. "Saya juga senang belanja ke pasar," tuturnya. 

Baca Juga : Target Agustus, Mal Pelayanan Publik Kota Malang Dimungkinkan Molor

"Kalau belanja di pasar tradisional, teman-teman saya dulu waktu sekolah SMA kebanyakan orang tuanya adalah pedagang pasar. Oleh karenanya, saya selalu mendukung bahwa belanja di pasar tradisional ini jauh lebih bermanfaat daripada belanja di pasar pasar modern,"  ujar wakil rakyat dari Malang ini. 

Di sela-sela kegiatan ini, Walikota Sutiaji dan Kepala Dinas Kesehatan Asih Tri Rachmi menyerahkan secara simbolis kartu Indonesia Sehat kepada 5 Camat Kota Malang.