Arus lalu lintas di kawasan jembatan underpasskaranglo tol Malang-Pandaan yang terpantau lancar (Pipit Anggraeni/MalangTIMES)
Arus lalu lintas di kawasan jembatan underpasskaranglo tol Malang-Pandaan yang terpantau lancar (Pipit Anggraeni/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Setelah sempat mengakibatkan kemacetan luar biasa, existing Tol Malang Pandaan di kawasan Karanglo pada Selasa (5/3/2019) terpantau padat dan lancar. Sebab sejak Senin (4/3/2019) malam jembatan underpass Karanglo sudah buka dan pada pagi tadi telah dioperasikan.

Berdasarkan pantauan MalangTIMES, kendaraan dari arah Surabaya yang hendak menuju Kota Malang ataupun Kota Batu tampak padat dan lancar. Kendaraan yang hendak menuju Kota Malang dapat mengambil lajur sebelah kiri dan lurus.

Sementara kendaraan dari arah Surabaya yang hendak menuju Kota Batu melalui Karangploso dapat mengambil lajur kanan dan melewati jembatan underpass. Tepat di atas jembatan underpass menuju Kota Batu itu pun sudah terpasang rambu-rambu lalu lintas.

"Sejak semalam memang sudah dipasang rambu-rambu lalu lintas, dan semua terpantau lancar sejak tadi pagi," terang Kanit Turjawali Satlantas Polres Malang Ipda Ahmad Taufik pada MalangTIMES, Selasa (5/3/2019).

Begitu juga sebaliknya, antrean kendaraan dari Kota Batu menuju Kota Malang juga tidak mengular seperti sebelumnya. Karena kendaraan  yang berasal dari Kota Batu dapat langsung nyebrang menggunakan jembatan. Pasalnya, jembatan underpass Karanglo tersebut saat ini sudah dipisahkan dengan marka jalan.

Termasuk juga kendaraan yang berasal dari Kota Malang menuju Surabaya terpantau lancar. Antrean kendaraan tak begitu mengular seperti sebelumnya. Lantaran jalan yang dulunya berupa pertigaan itu kini berubah menjadi perempatan dengan dioperasikannya jembatan underpass. "Kalau toh ada penumpukan kendaraan itu terjadi tadi, saat awal-awal jembatan dibuka. Maklum karena kan masih awal, jadi masyarakat pasti masih sedikit bingung," imbuh Taufik.

Lebih jauh Taufik menjelaskan, kawasan di persimpangan Jembatan underpass Karanglo tersebut sebelumnya selalu padat. Antrean kendaraan  bahkan biasa mengular hingga Arjosari. Namun kini sudah terurai dan hanya terjadi penumpukan beberapa meter saja dari arah existing tol. "Sekarang sudah terlihat sangat lancar. Nanti setelah tol benar-benar dioperasikan, pasti akan lebih lancar lagi. Jalanan di sini akan lebih lancar," pungkasnya.