Kondisi pemukiman warga usai diterjang hujan dan angin kencang yang menyebabkan pohon tumbang, Kecamatan Turen (Foto : Camat Turen for MalangTIMES)

Kondisi pemukiman warga usai diterjang hujan dan angin kencang yang menyebabkan pohon tumbang, Kecamatan Turen (Foto : Camat Turen for MalangTIMES)


Editor

A Yahya


MALANGTIMES - Di awal bulan Maret berbagai musibah mulai melanda di wilayah Kabupaten Malang. Hujan deras yang memicu angin kencang, mengakibatkan puluhan pohon tumbang. Seperti yang terjadi di Desa Jeru Kecamatan Turen, Senin (4/3/2019) petang.

Camat Turen Mumuk Hadi Martono menjelaskan, jika sesaat sebelum musibah terjadi. Tepatnya sekitar pukul 14.00 waktu setempat. Hujan deras sempat menguyur Kecamatan Turen. Berselang beberapa saat kemudian, hujan dengan itensitas tinggi tersebut, memicu munculnya hembusan angin kencang. Akibatnya puluhan pohon tumbang dan menimpa beberapa bangunan dan rumah warga.

“Pohon kelapa dan randu yang berada di Desa Jeru tumbang diterjang angin kencang, selain menutup akses jalan, sedikitnya ada empat bangunan rumah warga yang roboh akibat tertimpa pohon,” kata Mumuk kepada MalangTIMES.

Diketahui, ke empat rumah warga yang roboh merupakan kediaman milik Ngateri (54), Ana (41), Purwoko (39) dan bangunan rumah milik Bawon (41). Keempat korban harus merepakan atap rumahnya roboh lantaran tertimpa pohon. “Tidak ada korban jiwa atas insiden ini, hanya saja diperkirakan kerugian ditafsir mencapai puluhan juta,” sambung Mumuk.

Mengetahui adanya bencana pohon tumbang, tim gabungan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang, relawan, perangkat desa setempat diterjunkan ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi pohon tumbang.

Dari pantauan MalangTIMES, hingga saat ini (Selasa) petugas gabungan nampak sibuk membersihkan sisa pohon tumbang yang mengakibatkan fasilitas umum seperti kabel listrik, dan rumah warga roboh.

Terpisah, Kasubsi Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Malang, Mudji Utomo menuturkan, selain membantu mengevakuasi pohon tumbang. Pihaknya juga sempat membagikan bantuan, terhadap warga yang terdampak bencana. “Agenda hari ini, selain membersihkan sisa pohon tumbang. Kami beserta beberapa instansi terkait juga memberikan bantuan berupa sembako terhadap korban yang terdampak,” pungkasnya.

End of content

No more pages to load