Ketua Panwaslu Kota Batu Abdur Rochman (Foto : Irsya Richa/BatuTIMES)

Ketua Panwaslu Kota Batu Abdur Rochman (Foto : Irsya Richa/BatuTIMES)


Editor

A Yahya


MALANGTIMES - Walaupun sudah dilakukan perpanjangan pendaftaran Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) pada 25-27 Februari 2019 lalu, ternyata masih belum terpenuhi.

“Awalanya kita kekurangan 174 PTPS, lalu setelah kami perpanjangan itu juga masih ada kekurangan 90 PTPS. Hingga hari ini Minggu (3/3/2019) juga masih belum terpenuhi,” kata Ketua Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kota Batu Abdur Rochman.

Setelah ditutupnya perpanjangan pendaftaran PTPS masih terdapat kekurangan 90 PTPS. Namun hingga Minggu ini lanjut Rochman hanya kurag 5 PTPS yang dibutuhkan dalam Pemilihan Umum 17 April 2019 mendatang.

Menurut Rochman, usai perpanjangan pendaftaran itu jumlah pendaftar terpenuhi dari jumlah yang dibutuhkan. Akan tetapi permasalahannya adalah usia mereka tidak sesuai dengan kriteria atau di bawah 25 tahun.

“Setelah dilakukan pengecekan administrasi, salah satu syarat usia minimal itu 25 tahun. Dan ternyata banyak yang di bawahnya,” imbuhnya, Minggu (3/3/2019).

Lalu bagaimana mengatasi permasalahan tersebut? Rencananya akan menunggu arahan dari Bawaslu RI untuk mengatasi hal tersebut.

Terlebih jika nantinya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu harus menambah TPS, karena jumlah pasca ditetapkannya DPTb dan DPK 18 Februari 2019 yang lalu berpotensi bertambah 3 TPS. Hal itu karena ada 499 pemilih tambahan, masing-masing 1 TPS di Kecamatan Batu dan 2 TPS di Kecamatan Junrejo.

Sedang masing-masing jumlah PTPS yang dibutuhkan yakni di Kecamatan Batu 346 PTPS, Kecamatan Junrejo 174 PTPS, dan Kecamatan Bumiaji ada 237 PTPS. 

End of content

No more pages to load