Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Surprise, Kota Batu Raih 5 Teratas tentang Pencegahan Korupsi dari KPK

Penulis : Irsya Richa - Editor : Lazuardi Firdaus

01 - Mar - 2019, 17:45

Daftar urutan 10 besar teratas penilaian MCP Jawa Timur. (Foto: ist)
Daftar urutan 10 besar teratas penilaian MCP Jawa Timur. (Foto: ist)

MALANGTIMES - Surprise, kata pertama yang disampaikan oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko karena mendapatkan penilaian baik dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ya Kota Batu mendapatkan penilaian di urutan 5 teratas dalam program MCP (Monitoring Center of Prevention).

Kota Batu mendapatkan nilai 83, sama dengan Kabupaten Situbondo yang berada di urutan empat. Penilaian itu diumukan pada Kamis (28/02/2019) kemarin di Surabaya.

Baca Juga : Bantuan Pangan Non Tunai di Kota Batu Sudah Cair, Berikut Jadwal dan Lokasi Tokonya

“Hal ini menjadi surprise karena gak menyangka kalau ternyata akan diumumkan penilaian MCP Jatim 10 terbaik,” kata Dewanti, Jumat (1/3/2019).

MCP KPK ini merupakan program yang merangking urutan daerah Kabupaten/Kota tentang manajemen pemerintahannya, apakah sudah menerapkan program pencegahan korupsi. 

Dewanti menambahkah tidak mengetahui jika selama ini dinilai oleh KPK RI. Sedangkan ada delapan indikator yang dinilai oleh KPK dalam MCP tersebut. Antara lain, Pengadaan barang dan jasa, pelayanan terpadu satu pintu (PTSP), Penguatan Aparat Pengawasan Intern Pemerintahan (APIP),  Manajemen ASN, Pengawasan Dana Desa, Manajemen Aset Daerah, Pendapatan Daerah, serta sektor strategis sumber daya alam.

Delapan indikator tersebut yang menjadi penilaian KPK terhadap daerah terkait aksi program pemberantasan korupsi terintegrasi di pemerintahan dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme. 

Dari penilaian MCP KPK di Jawa Timur (Jatim) tahun 2018 dan telah diverifikasi KPK per tanggal 15 Januari 2019. Menurutnya progres menjalankan sebuah program selama ini sudah sesuai on the track.

“Teman-teman Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ini memang menjalankan sudah on the track,” ungkapnya saat ditemui di Balai Desa Bulukerto, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji.

Baca Juga : 4.866 Keluarga Penerima Manfaat di Kota Batu Terima Bantuan Pangan Non Tunai Rp 200 Ribu

Ke depan lanjut istri Eddy Rumpoko ini bisa meningkatkan penilaian. Melihat skor penilaian antara kabupaten Lamongan yang berada diurutan pertama dengan Kota Batu yakni 10 poin, tentunya membuatnya harus meningkatkan kinerja. 

“Mudah-mudahan ke depan karena yang dapat rangking pertama terpaut 10 poin, sehingga  harus dikejar. Jadi ketika bisa 100 itu berarti tidak ada kesalahan,” tutup ibu tiga anak ini.

Sedang urutan 10 besar teratas penilaian MCP Jawa Timur yakni urutan pertama Pemerintah Kabupaten Lamongan nilai 93, ke dua ada Pemkot Surabaya nilai 93, ke tiga Pemprov Jatim nilainya 85, ke empat Pemkab Situbondo nilainya 83, ke lima Kota Batu dengan nilai 83.

Lalu urutan ke enam ada Pemkab Banyuwangi nilainya 81, ke tujuh Pemkab Malang nilainya 80, ke delapan dengan nilai 79 ada Pemkab Kediri, ke sembilan Pemkab Sampang nilainya 77, dan Pemkab Blitar nilainya 77.


Topik

Pemerintahan batu berita-Wali-Kota-Batu-Dewanti-Rumpoko program-Monitoring-Center-of-Prevention


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Lazuardi Firdaus