Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Malang Purnadi, saat menunjukkan aplikasi SimplePBB berbasis online yang bisa diunduh melalui play store (Foto : Ashaq Lupito / MalangTIMES)

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Malang Purnadi, saat menunjukkan aplikasi SimplePBB berbasis online yang bisa diunduh melalui play store (Foto : Ashaq Lupito / MalangTIMES)


Editor

A Yahya


MALANGTIMES - Masyarakat Kabupaten Malang bakal dimanjakan oleh pelayanan prima dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Malang. Jika selama ini, kebanyakan orang mengurus pembayaran pajak dengan cara bertatap muka. Kini cara itu sudah jadul. Sebab badan pemerintahan yang dipimpin oleh Dr Purnadi ini, meluncurkan terobosan pembayaran pajak berbasis elektronik dan bisa diakses secara online.

“Kami baru saja meluncurkan program SimplePBB. Aplikasi yang bisa diakses secara online ini, bisa didapatkan secara gratis melalui play store di smart phone,” kata Kepala Bapenda Kabupaten Malang, Dr Purnadi saat ditemui di ruangannya.

Pria yang identik menggunakan kaca mata ini menambahkan, program SimplePBB masuk dalam satu layanan aplikasi yang bernama Layanan PBB P2 Kab. Malang. Jadi, jika ingin mendapatkan kemudahan saat mengurus Pajak Bumi Bangunan (PBB), diharuskan terlebih dulu menginstal aplikasi tersebut.

“Tinggal menulis nama aplikasinya (Layanan PBB P2 Kab. Malang) di kolom pencarian pada play store dan menginstalnya. Maka masyarakat sudah bisa mengurus PBB secara online,” imbuh Dr Purnadi.

Dalam program SimplePBB ini, bisa dikatakan sebagai sistem pelayanan PBB yang bakal memudahkan masyarakat. Khususnya dalam mengajukan permohonan pelayanan PBB perdesaan dan perkotaan.

Terdapat beberapa ajuan permohonan dan pengajuan surat PBB yang bisa diakses melalui program SimplePBB. Di antaranya, keterangan NJOP (Nilai Jual Objek Pajak) PBB perorangan, pengisian Surat Pemberitahuan Objek Pajak (SPOP) dan Lampiran Surat Pemberitahuan Objek Pajak (LSPOP), ajuan pembetulan PBB, ajuan pembatalan dan mutasi subjek dan objek pajak, ajuan permohonan pengurangan PBB,ajuan permohonan Pencetakan Salinan Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT), dan beberapa layanan pajak lainnya.

“Melalui program SimpelPBB, masyarakat juga bisa melakukan tracking (pelacakan) sejauh mana ajuan yang diajukan telah terproses. Bahkan status pembayaran PBB juga bisa diketahui secara pasti,” ujar mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Malang ini.

End of content

No more pages to load