Bapenda Luncurkan Aplikasi Pembayaran Pajak Berbasis Online, Dapatkan Aplikasinya di Play Store

MALANGTIMES - Jika melihat wajah baru Kabupaten Malang saat ini, memang bisa dikatakan semakin maju. Di balik kesuksesan tersebut, terdapat peran besar dari pendapatan pajak yang dikelola Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Malang.

“Guna mendukung peran serta masyarakat dibidang pembayaran pajak. Kami meluncurkan sistim aplikasi berbasis elektronik yang bisa diakses secara online. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan pelayanan pajak secara mudah, cepat, efisien, dan yang terpenting adalah transparan serta akuntabel,” kata Dr. Purnadi selaku Kepala Bapenda Kabupaten Malang.

Pria yang identik menggunakan kaca mata ini menambahkan, aplikasi berbasis online tersebut sudah bisa didapatkan melalui smart phone. Tepatnya melalui layanan Play Store. Caranya terbilang mudah, yakni cukup membuka menu play store. Kemudian menuliskan key word (kata kunci) berupa “Layanan PBB P2 Kab. Malang” di kolom pencarian. Maka secara otomatis akan keluar aplikasi pelayanan pajak berbasis elektronik yang bisa diakses melalui online.

Jika sudah, aplikasi yang dimaksud akan muncul di barisan paling atas dan tinggal menekan aplikasi tersebut. Langkah selanjutnya yaitu menekan tombol instal, maka secara otomatis aplikasi akan terpasang di smartphone. “Aplikasi yang baru kami resmikan ini, bisa didapatkan secara gratis di play store. Kedepan kami juga akan terus melakukan pengembangan agar juga bisa di instal melalui iphone (App Store),” imbuh Dr. Purnadi saat ditemui diruangannya.

Mendapatkan informasi akan pelayanan dan kemudahan pajak, wartawan kemudian mencoba untuk menginstal aplikasi tersebut. Ketika sudah terpasang di smartphone, kami kemudian mencoba membuka aplikasi yang memampang logo hati khas Kabupaten Malang, dengan slogannya The Heart Of East Java tersebut.

Ketika menjalankan aplikasi, terdapat empat fasilitas dalam program tersebut. Yakni Layanan Permohonan, yang terletak di menu bagian atas. Kemudian Info PBB di menu bagian kiri. Menu NJOP PBB di bagian sebelah kanan. Terakhir layanan terkait riwayat pembayaran dibagian bawah.

Selain itu, dibagian bawah aplikasi juga terdapat link yang jika ditekan otomatis akan terhubung dengan website resmi Bapenda Kabupaten Malang, (info lebih lengkap lihat video dan grafis). “Selain bisa mengurus pajak melalui aplikasi dari play store, kami juga menyediakan pelayanan melalui website,” terang Dr. Purnadi kepada MalangTIMES.

Sebagai informasi, pajak yang dikelola oleh Bapenda Kabupaten Malang bersumber pada 10 pendapatan pajak. Yakni pajak hotel, restoran, hiburan, reklame, penerangan jalan, mineral bukan logam dan batuan, parkiran, air bawah tanah, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), serta yang terakhir adalah bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB).

“Saya menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Malang, agar tertib membayar pajak sesuai ketentuan. Pendapatan pajak itu bukan untuk kepentingan pribadi, tapi juga akan dikembalikan kepada masyarakat berupa berbagai fasilitas umum seperti pada bidang kesehatan, pendidikan, sarana prasarana olahraga, serta beberapa fasilitas lainnya,” ujar mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Malang ini.

 

Top