BNN Kota Batu Ringkus Oknum ASN Pengedar Sabu

Feb 27, 2019 15:15
AKBP Mudawaroh, Kepala Badan Narkotika Nasional Kota Batu tunjukkan barang bukti saat rilis di kantor BNN Kota Batu
AKBP Mudawaroh, Kepala Badan Narkotika Nasional Kota Batu tunjukkan barang bukti saat rilis di kantor BNN Kota Batu

MALANGTIMES - Sudah sempat berhenti menjadi pemakai narkotika, bukannya beralih ke hal positif, oknum ASN Pemerintah Kota Batu ini justru kembali menggunakan dan mengedarkan narkotika lagi. Pria berinisial AH ini berhasil diringkus oleh petugas Badan Narkotika Nasional (BNN)  Kota Batu.

Sebelumnya, pihak BNN Kota Batu mendapati informasi dari warga bahwa ada aktivitas peredaran narkotika golongan I di sekitar Jalan Samadi pada Selasa (5/2/2019). Menanggapi hal tersebut, pihak BNN Kota Batu langsung lakukan penyelidikan selama 18 hari. 

Baca Juga : Diduga Akibat Stroke, Tahanan Kasus Judi Polsek Klojen Meningal Dunia

Setelah dilakukan penyelidikan, dan petugas mendapatkan data lengkap pelaku, kemudian petugas lakukan penangkapan pada Jumat (22/2/2019) di rumah kos tersangka di Jalan Samadi Gang 1 no 60 Dusun Pesanggrahan, Kecamatan Batu sekitar pukul 18.00 WIB.

"AH sempat melarikan diri ke kamar mandi saat kita lakukan penangkapan, diduga tersangka membuang barang bukti berupa sabu di kamar mandi," ujar AKBP Mudawaroh, Kepala Badan Narkotika Nasional Kota Batu kepada MalangTIMES Rabu (27/2/2019).

Mengetahui tersangka ada di kamar mandi, petugas meminta tersangka keluar dari kamar mandi. Karena permintaan petugas tak dihiraukan tersangka, akhirnya petugas harus memaksa tersangka keluar kamar mandi dengan cara mendobrak pintu kamar mandi tempat AH bersembunyi dari petugas. 

BNN-Kota-Batu-Ringkus-Oknum-ASN-Pengedar-Sabu36ad6acca2be3491.jpg


Dari hasil penggeledahan di tempat tersangka, petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa 4 plastik kecil dalam kotak berisi sabu dengan berat masing - masing 1,56 gram, 1,68 gram, dan 2 lainnya seberat 1,57 gram dengan total 4,81 gram, 1 plastik ganja seberat 8,6 gram, 1 toples kecil ganja seberat 44,37 gram.

"Selain barang bukti berupa narkotika, kita juga mendapatkan barang bukti lain berupa 2 buah handphone milik tersangka, 1 buah pipet kaca berisi sabu, 1 timbangan digital merek PSH, 1 timbangan digital merk CHQ dan 2 bungkus plastik klip plastik kecil kosong," ujar AKBP Mudawaroh.

Baca Juga : Aktor Senior Tio Pakusadewo Kembali Ditangkap karena Kasus Narkoba

Lanjutnya, ia juga mendapati barang bukti berupa 1 set alat hisap sabu (bong), uang tunai berjumlah Rp 700 ribu, 1 buah ATM BCA, 1 bendel print out bukti transfer BCA, 2 buku rekap, 1 sedotan (sekop), dan 1 botol kecil berisi alkohol.

Sementara itu, dari hasil pemeriksaan, tersangka mengaku mulai menggunakan narkotika jenis ganja setelah lulus kuliah. Namun, tersangka AH sempat berhenti lama sebagai pemakai narkotika jenis tersebut. Namun, dari informasi yang didapatkan, tersangka aktif kembali menggunakan narkotika berjenis sabu sekitar 2 tahun lalu sebagai bentuk pelarian dari masalah internal keluarga.

Akibatnya, tersangka yang bekerja sebagai oknum ASN berinisal AH tersebut, terancam tindak pidana pasal 114 ayat (1) JO. Pasal 112 ayat (1) dan pasal 111 ayat (1) UU no 3t tahun 2019 tentang narkotika dengan ancaman hukuman penjara paling singkat 4 tahun dan paling lama 20 tahun.

Topik
BatuBerita BatuBNN Kota BatuOknum ASN Pengedar Sabusabu sabu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru