Kawal Bantuan Sosial, Dinsos Kota Malang Sinergi dengan Kepolisian

MALANGTIMES - Menindaklanjuti program Kementerian Sosial (Kemensos) perihal bantuan sosial (bansos), Dinas Sosial (Dinsos) Kota Malang melakukan pertemuan khusus dengan tiga kapolsek. Yakni kapolsek Klojen, Lowokwaru, dan Blimbing. Pertemuan berlangsung di aula Dinsos Kota Malang, Selasa (26/2/2019).

Pertemuan dengan pihak kepolisian ini untuk membahas pengawalan bansos. Seperti diketahui, pengawalan bansos telah diperintahkan oleh pimpinan Polri.

Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kota Malang Tri Soekma Widajati membenarkan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak polsek di tiga wilayah untuk membahas pengamanan bansos.

"Jadi, kami sudah koordinasi dengan pihak kepolisian (polsek di wilayah Kota Malang) untuk menindaklanjuti program Kementerian Sosial yang sudah melakukan nota kesepahaman (MoU) dengan kapolri (Jenderal Tito Karnavian) di pusat tentang bansos," ujar Tri kepada MalangTIMES.

Tri, menambahkan, selain dengan kepolisian, pihaknya juga mengundang  kelurahan atau kecamatan yang ada di Kota Malang. "Ada juga pihak kasi kelurahan atau kecamatan bidang sosial yang ikut kegiatan. Hal itu karena mereka yang juga memantau pergerakan bansos," ungkapnya.

Meski sudah bekerja sama dengan berbagai pihak, Dinsos Kota Malang tetap memonitoring jalannya bansos hingga turun ke masyarakat. "Nanti kami juga monitoring, apa semuanya (bansos) layak. Dikhawatirkan mereka menerima barang yang bukan ditentukan oleh kementerian," tutup Tri.

Seperti diketahui, bantuan pangan non-tunai untuk masyarakat yang sudah terdata di Dinsos Kota Malang itu akan dikawal oleh beberapa pihak dari kepolisian dan pemerintah. Tujuannya  agar tidak terjadi penyelewengan. 

Top