Foto Ilustrasi

Foto Ilustrasi



MALANGTIMES - Uang kertas memang tak hanya ditemukan di Indonesia saja ya gengs. Tapi juga sudah digunakan di berbagai negara lainnya. Masing-masing uang kertas dari daerah yang berbeda di belahan bumi ini tentu memiliki sejarah panjang dan keunikannya tersendiri.

Mulai dari bahan yang digunakan, hingga bentuk dan desain dari uang kertas itu sendiri. Dilansir dari channel YouTube YtCrash, berikut ini lima fakta unik tentang keberadaan uang kertas di dunia.

1. Uang Kertas Pertama di Dunia
 

Lima-Fakta-Unik-Tentang-Uang-Kertas-di-Dunia-Ada-yang-Bahannya-dari-Indonesia227206790864d673b.jpg

Ternyata uang kertas pertama kali digunakan oleh bangsa Tiongkok. Penggunaan uang kertas ini sudah dimulai sejak masa Dinasti Tang (618-907 M). Artinya uang kertas sudah digunakan sekitar 1.400 tahun yang lalu.

Hal itu bermula karena semakin pesatnya perdagangan yang membuat kebutuhan akan uang logam terus bertambah. Namun sayangnya uang logam tak dapat dengan mudah dibawa kemana-mana. Sehingga orang China saat itu menggunakan sebuah kertas untuk alat kredit, dan kebiasaan itu berkembang.

Pada akhir masa Dinasti Tang, orang-orang China mulai menyimpan kekayaannya dan menerima sebuah kertas seperti sertifikat bernama He Quan. Dari situ kemudian berkembang uang kertas. Bangsa China ini sudah menggunakan uang kertas selama lima abad hingga akhirnya Eropa turut menggunakan uang kertas juga.

Sementara di Indonesia, uang kertas pertama kali dikenalkan oleh VOC pada 1748 dalam bentuk aurat berharga atau dikenal dengan istilah Rijskdaalder. Kemudian sekitar 1815, surat kredit Gulden Hindia Belanda sudah diperkenalkan.

Pada 1827 surat kredit tersebut berubah menjadi uang gulden. Pada 1942 Pemerintah Jepang yang menduduki Indonesia juga mengeluarkan uang gulden yang pada akhirnya berubah menjadi rupiah pada 1943. Sementara uang milik Indonesia sendiri pertama kali dicetak pada 17 Oktober 1945.

Namun peredarannya secara resmi dilakukan pada 17 Oktober 1946 di Jawa. Pecahan yang beredar saat itu adalah satu sen, lima sen, 10 sen, setengah rupiah, satu rupiah, lima rupiah, 10 rupiah, dan 100 rupiah.


2. Uang Kertas Terbesar
 

Lima-Fakta-Unik-Tentang-Uang-Kertas-di-Dunia-Ada-yang-Bahannya-dari-Indonesia3accbcb36fc14f189.jpg

Saat ini pecahan terbesar di Indonesia adalah Rp 100 ribu. Tapi tahu nggak sih kalian gengs, ternyata di sekitar 1995, Indonesia pernah mengeluarkan pecahan rupiah dalam jumlah besar yaitu Rp 850 ribu. Namun bukan dalam bentuk uang kertas, pecahan dengan nominal tinggi itu diterbitkan dalam bentuk uang logam.

Tak banyak, uang tersebut hanya diproduksi sebanyak tiga ribu keping saja. Saat ini, uang logam dengan pecahan besar ini diburu kolektor lantaran harganya dibandrol antara Rp 25 juta hingga Rp 30 juta. Hal itu disebabkan harga emas dan beberapa faktor lain.

Tapi selain Indonesia, ternyata ada banyak negara lain yang juga pernah mengeluarkan nominal sangat besar. Seperti negara Krajina salah satunya, yang mengalami inflasi cukup tinggi pada 1993.

Pemerintah saat itu memutuskan mengeluarkan nominal uang tertinggi yaitu 50 Miliar Dinara. Jepang juga pernah mengeluarkan 75 miliar yen. Selanjutnya Yugoslafia juga pernah mengeluarkan pecahan tertingginya sebesar 500 miliar Dinara. Selain itu masih banyak negara lain yang juga sempat mengeluarkan nominal besar lantaran tersandung krisis.

Bukan hanya nominalnya saja, cetakan uang kertas terbesar adalah berasal dari Filipina. Lantaran uang senilai 100 ribu peso milik Filipina itu dibuat dengan ukuran yang tak biasa, yaitu sebesar kertas F4 atau kertas Folio. Uang ini dicetak untuk merayakan 100 tahun kemerdekaan Filipina dari pejajahan Spanyol. Selain Filipina, ringgit Malaysia juga dicetak dengan ukuran lebar 814 cm pada 2017 lalu.


3. Uang Kertas dan Tokohnya
 

Lima-Fakta-Unik-Tentang-Uang-Kertas-di-Dunia-Ada-yang-Bahannya-dari-Indonesia48c5838e512976e8d.jpg

Selain nominal dan ukuran, keberadaan uang kertas juga banyak menarik perhatian lantaran gambar tokohnya. Sejak 1970, banyak tokoh kenamaan yang mengisi uang kertas di Inggris. Bukan hanya tokoh perjuangan dalam sejarah, masyarakat Inggris saat itu bahkan pernah mengusulkan beberapa nama pesohor Inggris seperti The Beatles untuk cetakan uang kertas. Namun hal itu belum terealisasi.

Sementara di Indonesia sendiri, uang pecahan kertas selalu bergambar tokoh perjuangan, dan di baliknya selalu diisi dengan gambar yang identik dengan tokoh tersebut. Mulai dari kebudayaan asal tokoh tersebut, hingga tempat dan kegiatan yang masih berhubungan erat dengan sang tokoh.


4. Bahan Uang Kertas
 

Lima-Fakta-Unik-Tentang-Uang-Kertas-di-Dunia-Ada-yang-Bahannya-dari-Indonesia5f5012e0413854e52.jpg

Bahan untuk membuat uang kertas rupiah yang kita gunakan selama ini adalah kapas. Sehingga tidak perlu khawatir saat uang kita tak sengaja terendam air. Namun uang yang kini sangat terkenal yaitu Dollar Amerika, ternyata bahan pembuatannya dari pohon pisang.

Jenis pohon pisang yang digunakan adalah ABACA atau Musa Textilis. Bahan yang digunakan adalah serat kuat dan halus yang ada pada pohon. Serat dari pohon pisang ini tak jarang digunakan untuk bahan tekstil karena teksturnya yang kuat.

Pohon pisang ini berasal dari Filipina. Tapi pohon yang satu ini ternyata juga sangat tumbuh subur di Indonesia, tepatnya Sulawesi Utara. Produksi serat ABACA di Indonesia termasuk terbaik ke dua di Indonesia dari segi kualitas dan kuantitas. Rencananya uang rupiah juga akan diproduksi menggunakan bahan baku serat pohon pisang ini.


5. Uang Monopoli
 

Lima-Fakta-Unik-Tentang-Uang-Kertas-di-Dunia-Ada-yang-Bahannya-dari-Indonesia6a9859d16bdff3b15.jpg

Jumlah uang monopoli yang sudah tercetak ternyata sudah mencapai USS 30 Miliar. Jumlah itu tentu sudah lebih besar dibanding uang yang dicetak oleh Amerika Serikat sebesar USS 11 Miliar.

Nah, itu tadi sederet fakta unik tentang uang kertas di dunia. Semoga bermanfaat ya gengs. 

 

End of content

No more pages to load