Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Imam Suryono saat menunjukkan kalender event di Kantornya Balai Kota Among Tani. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Imam Suryono saat menunjukkan kalender event di Kantornya Balai Kota Among Tani. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)


Editor

A Yahya


MALANGTIMES - Akhirnya Kota Batu memiliki kalender event yang sudah dinanti-nanti banyak orang. Selama satu tahun 2019 mendatang totalnya akan ada 44 agenda besar di Kota Batu. Tentunya dalam kalender even itu terdapat event kebudayaan hingga modern. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Imam Suryono mengatakan, setelah selesai menyusun kalender event selanjutnya adalah menyebarkan informasi tersebut. “Ke depan kami akan lakukan menyebarkan informasi melalui media sosial hingga disebarkan brosur-brosur,” kata Imam.

Selain akan membagikan brosur, akan memasang kalender event pada videotron di beberapa titik. Kemudian memasang di area-area jalan protokol. “Pastinya kita akan memasang di tempat-tempat strategis supaya wisatawan itu tahu apa saja event kita selama satu tahun. Jadi mereka bisa datang,” imbuhnya, Senin (25/2/2019).

Menurutnya kalender event itu dibutuhkan sebagai upaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. “Kalender event sangat penting diinformasikan agar wisatawan mengetahui berbagai festival di Kota Batu. Dari situ, wisatawan akan berbondong-bondong datang melihat kegiatan menarik tersebut,” jelas pria yang juga Staf Ahli Pemkot Batu ini. 

Adanya kalender event itu agar membantu juga pada masa tingkat kunjungan menurun pada bulan-bulan tertentu yakni  Februari, Maret, Mei, Juni, Oktober, dan November.

Sedang 44 event di Kota Batu antara lain bulan Januari, reptil contest dan lifestyle sunset run. Bulan Februari ada dance competition. Di bulan Maret ada event Night Drone Contest, Plastic Free, dan Festival Brantas. Lalu bulan April ada Festival Olahraga Tradisional. Bulan Mei ada Festival Budaya Religi, Lomba Patrol, Lomba Hias Kampung, dan Pasar Murah Ramadan. 

Di bulan Juni ada Kampung Cantik, Panahan Tradisional, Koi Show, dan Gebyar Ketupat. Lalu bulan Juli ada Aming Tani Arts Festival dan Batu Video & Photographic Tourism Competition.

Bulan Agustus ada Folk Music Festival di Balai Kota Among Tani, Jazz Festival, dan Festival Beji. Bulan September ada Pameran & Gebyar Kuliner se Kota Batu, Festival Kampung Tani, Festival Jenang Suro, Festival Serabi Suro, Marching Band, dan Auto Fest.

Kemudian di bulan Oktober, ada Batu Smart Tourism, Batu Rally Wisata, Sepeda Rakyat, Festival Sego Empog Shining Orchid Week, Pekan Florikultura, Cat Show, Festival Budaya, Musisi Bhakti Kotaku, Kids Big Shot, Festival Sumberbrantas, Bahavian Show, dan Batu Street Food Festival.

Lainnya di bulan November ada Festival Ternak, Prototype, Colour Fun, dan Hari Angklung. Dan akhir tahun bulan Desember hanya ada Sunday Morning. 

End of content

No more pages to load