Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Jadi Trending Topik : Balikin Oh Balikin Konsensi Ratusan Ribu Hektar Lahan, Jokowi Siap Bagikan ke Rakyat Kecil

Penulis : Dede Nana - Editor : Lazuardi Firdaus

25 - Feb - 2019, 19:26

Jokowi kembali singgung konsensi lahan dan membuat warganet saling serang (Ist)
Jokowi kembali singgung konsensi lahan dan membuat warganet saling serang (Ist)

MALANGTIMES - Buntut debat kedua calon presiden (capres) 2019 terkait konsensi lahan dengan luasan sampai ratusan ribu hektar (ha) yang dipegang Prabowo, terus menggelinding dan semakin membesar di kedua belah pendukung capres.

Baca Juga : Tiga Tenaga Kesehatan Positif Covid-19 di Kota Malang Sembuh

Bahkan, topik yang pertama kali disampaikan oleh Joko Widodo (Jokowi) terhadap konsensi ratusan ribu lahan yang dikuasai Prabowo Subianto,btelah menjadi bagian dari hiruk pikuknya masyarakat di tengah semakin mendekatnya pencoblosan.

Jokowi pun kembali menyinggung hal tersebut, Minggu (24/02/2019) malam kemarin, saat menyampaikan pidato kebangsaan di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor. Bahkan secara terang dirinya menunggu apabila ada penerima konsensi besar yang mau mengembalikannya kepada negara. 

Walaupun tidak menyebut nama, masyarakat menerjemahkannya kepada paslon 02, yang dalam debat kedua Jokowi menyampaikan, Prabowo Subianto memiliki 120 ribu hektare lahan di Aceh Tengah dan 220 ribu hektare lahan di Kalimantan Timur.

"Jika ada penerima konsensi besar yang mau mengembalikan ke negara, saya tunggu sekarang. Saya akan bagikan untuk rakyat kecil," kata Jokowi sambil menyatakan pemerintah telah membagikan konsesi lahan seluas 2,6 juta ha dari total 12,7 juta yang disiapkan. Jokowi mengklaim ini adalah konsesi tanah untuk rakyat, konsensi tanah untuk rakyat kecil. 

Sontak pidato Jokowi tersebut membuat riuh massa dalam acara tersebut. Teriakan, " Balikin, Balikin, Balikin" menggema. Bukan hanya di dunia nyata tapi juga sampai menjadi trending topik di dunia maya. Tagar #BalikinUntukRakyat telah dicuitkan oleh 45,6 ribu akun di Twitter.

Di dunia maya, pernyataan Jokowi pun mendapat tandingan. Pernyataannya yang siap menunggu dan akan membagiakan ratusan ribu ha lahan, berbalik dengan adanya penguasaan lahan oleh para tim kemenangan nasional (TKN) Jokowi.

Warganet pendukung paslon capres 02 ini juga meminta agar mereka mengembalikan lahan tersebut kepada negara. Sehingga bisa memberikan contoh baik kepada masyarakat Indonesia.

Baca Juga : Tanggap Covid-19, Fraksi PKS DPRD Kota Malang Bagikan Ratusan APD ke Petugas Medis

@ngasir menuliskan, "Kalau pemerintah punya sikap tidak perlu menunggu dikembalikan. Silahkan ambil semua lahan milik negara yang dikuasai konglomerat. Nih daftarnya ambil semua untuk negara demi kesejahteraan rakyat Indonesia," ujarnya sambil menyertakan berita infografis kepemilikan lahan diseputar kontestan.

Pendukung paslon capres 01 pun ramai meminta Prabowo untuk mengembalikan lahan konsensi yang dikuasainya tersebut. Ada yang secara lugas, frontal dan berbagai ekspresi lain ala warganet.

@arunmampu01 menuliskan," Ayooo...ditungguin nih sama pak @jokowi," ungkapnya sambil mengunggah poster Jokowi.

Tema konsensi lahan tersebut juga ramai sejak Jokowi menyampaikan hal tersebut kepada masyarakat. Bukan hanya warga biasa, dari Wakil Presiden Jusuf Kalla sampai para petinggi partai politik ramai membahas hal tersebut.

 


Topik

Peristiwa Konsensi-Ratusan-Ribu-Hektar-Lahan Trending-Topik joko-widodo


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Dede Nana

Editor

Lazuardi Firdaus