Black Panther Dibuat Terjungkal oleh Pianis Jazz, Oscar pun Digondol Green Book

Feb 25, 2019 13:17
Kiri : Sang pianis jazz Afro-Amerika Don Shirley Jr bersama Tony Lip dalam adegan Green Book (Ist)
Kiri : Sang pianis jazz Afro-Amerika Don Shirley Jr bersama Tony Lip dalam adegan Green Book (Ist)

MALANGTIMES - Superhero Black Panther harus mengakui kekalahannya dalam ajang yang digelar oleh The Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS), Minggu (24/02/2019) atau Senin (25/02/2019) dengan acuan waktu negara Indonesia. 

Setelah dihajar telak oleh seorang pianis jazz Afro-Amerika bernama Don Shirley Jr.
Kekalahan penguasa Wakanda tersebut terjadi dalam perebutan film terbaik tahun 2019 yang dihelat AMPAS. Sebagai bentuk apresiasi tertinggi terhadap insan perfilm-an dengan simbol piala Oscar bagi para pemenangnya.

Baca Juga : Waktunya Bersenang-senang Bareng MLG SKA, Dua Dekade Lebih Sajikan Gigs di Malang Raya

Don Shirley Jr sang pianis jazz ternyata mampu membuat penonton dunia terpukau dibandingkan dengan kedahsyatan super yang dimiliki sang pahlawan Afrika Black Panther. Film Green Book besutan sutradara Peter Farrelly pun menjadi film terbaik tahun 2019. 

Bukan hanya mengalahkan jagoan Marvel saja, kisah Green Book yang bergenre biografi, komedi, dan drama ini juga mengalahkan film A Star is Born, BlacKkKlansman, Vice dan Bohemian Rhapsody yang sempat booming di Indonesia beberapa waktu lalu.

Kemenangan Green Book yang merupakan buku panduan bagi wisatawan kulit hitam untuk menemukan tempat berlindung yang aman di seluruh wilayah Deep South. Sudah terlihat sejak memenangkan nominasi Film Terbaik di Producers Guild Awards (PGA) tahun 2019 yang diselenggarakan pada 19 Januari lalu.

Bahkan beberapa kritikus film memberikan review positif. Berdasarkan Rotten Tomatoes, Green Book  memiliki rating 82%, berdasarkan 200 ulasan, dengan rating rata-rata 7.6/10.  Sedangkan data dari Metacritic, film ini mendapatkan skor 70 dari 100, berdasarkan 46 kritik. Hal tersebut menunjukkan "ulasan yang baik" atas film yang mendulang pendapatan mencapai 26,649,843 dollar amerika serikat. Dengan biaya produksi hanya sekitar 23 juta dollar Amerika Serikat.

Green Book bukan hanya menjungkalkan beberapa film yang digadang-gadangkan menembus Oscar sebagai film terbaik. Tapi juga mengantarkan sang pianis jazz yang diperankan oleh Mahershala Ali menjadi pemain pendukung terbaik. 

“#WritersOnWriters: Peter Asher di #GreenBook: "Dengan skenario nyata yang meyakinkan (Nick Vallelonga, Brian Hayes Currie & Peter Farrelly), film ini berhasil menangani masalah-masalah historis dan sosiologis sembari melahirkan film tentang persahabatan" tulis majalah Variety di Twitter.

Dari berbagai laman, film Green Book berkisah tentang Frank "Tony Lip" Vallelonga (Viggo Mortensen) dan Don Shirley (Mahershala Ali), seorang pianis terkenal. Dua tokoh sentral dalam film ini memiliki karakter berbeda. Tony yang sembrono dan kasar, sedangkan Don berkepribadian halus dan tenang. Don yang membutuhkan sopir sekaligus orang yang bisa membantunya dalam tur konsernya, akhirnya atas saran beberapa koleganya menyewa Tony.

Baca Juga : Band Minor Soroti Eksploitasi Hutan Lewat Single "Disertasi Alam"

Berpedoman pada salinan Green Book oleh studio rekaman Don, Tony menjadi sopir sekaligus 'pelindung' Don dalam perjalanan tur konsernya di wilayah Deep South. Dimana, perlakuan diskriminatif atas perbedaan ras dan warna kulit menjadi bagian yang menonjol dalam alur kisah Green Book yang menimpa Don.

Misalnya, saat Don ditolak masuk ke ruang makan yang didominasi oleh orang-orang berkulit putih di hotel pada malam pertunjukan terakhir turnya di Birmingham, Alabama. Tony mengancam pemilik hotel tersebut dan Don menolak untuk tampil di hotel karena para staf hotel menolak melayani mereka. Don dan Tony kemudian pergi ke klub blues yang

didominasi oleh orang-orang berkulit hitam di mana Don membangunkan mereka dengan musiknya.
Black Panther walau terjungkal dalam ajang Oscar 2019, masih bisa terhibur dengan mendulang tiga penghargaan. Yakni, Production Design, Original Score dan Costume Design.

 

Topik
Black PantherPianis jazzGreen BookThe Academy of Motion Pictures Arts and SciencesDon Shirley Jr

Berita Lainnya

Berita

Terbaru