Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Jokowi Punya Blusukan, Wali Kota Malang Tradisikan Safari Jumatan

Penulis : Nurlayla Ratri - Editor : A Yahya

22 - Feb - 2019, 22:50

Wali Kota Malang Sutiaji (tengah) saat berdialog bersama pengurus Masjid Ibnu Sina dan masyarakat setempat dalam giat Safari Jumatan. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES)
Wali Kota Malang Sutiaji (tengah) saat berdialog bersama pengurus Masjid Ibnu Sina dan masyarakat setempat dalam giat Safari Jumatan. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Setiap pemimpin punya cara masing-masing untuk mendengar keluh kesah warganya. Jika Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dulunya dikenal dengan kegiatan blusukan, Wali Kota Malang Sutiaji memiliki cara berbeda. Dia bakal mentradisikan Safari Jumatan untuk menggali aspirasi umat. 

Baca Juga : Warga Terdampak Covid-19 di Kabupaten Malang, Bakal Dapat Pasokan Makanan Dapur Keliling

Safari Jumatan itu sendiri sudah dimulai Sutiaji, hari ini (22/2/2019) di Masjid Ibnu Sina, Jalan Veteran, Kota Malang. Dalam kegiatan salat Jumat yang digelar masjid tersebut, Sutiaji hadir sekaligus bertindak selaku khatib. Wali kota yang kerap disapa ustadz Sutiaji, itu juga berkesempatan bersilaturahmi dan berdialog dengan warga serta takmir masjid. 

"Ini tradisi yang bagus. Karena selain ghirah (semangat) masjid adalah pusat pemberdayaan umat, forum jumatan akan memiliki nilai strategis untuk mendengar aspirasi warga secara langsung," ujar Mas Aji, sapaan akrabnya. Dia juga didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Wasto, jajaran Asisten dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Dalam dialog yang berlangsung gayeng itu, beragam permasalahan dan harapan warga langsung diserap serta diberi respons. Di tahun pertama jabatannya sebagai orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang, Sutiaji getol men-agregasi (menghimpun) kekuatan sosial melalui strategi komunikasi pembangunan pentahelix. Yakni kolaborasi antara elemen pemerintahan, akademisi, private sektor (pelaku usaha/pengusaha), masyarakat dan media.

Beberapa catatan yang mengemuka pada Safari Jumatan tersebut di antaranya terkait penertiban parkir di koridor Jalan Veteran. Pasalnya, kondisi parkir di beberapa titik kerap menyebabkan kemacetan. Selain itu juga kebutuhan penyediaan bak sampah dan penertiban terhadap pembuang sampah sembarangan. 

Dari pengurus masjid juga memiliki harapan agar Pemkot Malang terus memberikan perhatian terhadap peran masjid. "Kami akan menggelar Festival Masjid, sebuah apresiasi diberikan atas manajemen pengelolaan masjid. Ini akan memacu pengurus masjid untuk berlomba-lomba berkreasi dan berinovasi dalam pemberdayaan umat," pungkasnya. 


Topik

Pemerintahan malang berita-malang Wali-Kota-Malang-Sutiaji Safari-Jumatan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurlayla Ratri

Editor

A Yahya