Ilustrasi, calon penumpang tengah mengantre untuk membeli tiket kereta di Stasiun Malang Kotabaru. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Ilustrasi, calon penumpang tengah mengantre untuk membeli tiket kereta di Stasiun Malang Kotabaru. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Bagi warga Kota Malang yang ingin mudik atau pulang ke kampung halaman menggunakan moda transportasi kereta api mesti siap-siap. Tiket periode lebaran mendatang, sudah dapat dipesan mulai awal Maret 2019 mendatang. Meskipun sebelumya sempat beredar kabar bahwa tiket KA lebaran bisa dipesan mulai akhir Februari ini.

"Sesuai kebijakan PT KAI, tiket bisa dipesan H-90 sebelum keberangkatan. Jika lebarannya awal Juni, jadi tiketnya yang bisa dibeli mulai tanggal 5 Maret," kata Kepala Stasiun Kota Baru Malang Radne Anyarso Tulad. Radne memastikan, sejumlah kereta tambahan akan disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat lebaran mendatang. 

Namun, pihaknya masih belum mengetahui secara pasti kuota tempat duduk yang akan disediakan. "Pasti ada tambahan, jumlahnya minimal seperti lebaran tahun kemarin. Tetapi bisa saja bertambah karena setiap tahun target kita tambah tinggi," tuturnya.

Begitu pula dengan target dan prediksi jumlah penumpang kereta api pada lebaran mendatang. Radne mengungkapkan, saat ini pihaknya masih menunggu informasi dari pusat. "Belum bisa diprediksi jumlahnya, biasanya kalau sudah ada informasi dari pusat, kita baru bisa break-down," ujarnya. 

"Jika pada hari biasa, jumlah penumpang di Stasiun Malang sekitar 4 ribu orang, kalau akhir pekan bisa 6 ribu orang. Sedangkan saat momen natal dan tahun baru lalu bisa dua kali lipatnya," imbuh Radne.

Terkait persiapan teknis menjelang arus mudik dan balik, Radne mengungkapkan jika teknisnya sama seperti lebaran sebelumnya. Mulai dari pengamanan, penambahan petugas medis, hingga pemeriksaan jalur kereta. "Kalau kegiatan mempercantik stasiun yang selama ini kita lakukan merupakan program Kepala Daops," pungkasnya.