Kampanye Tanam 25 Pohon Seumur Hidup, Kementerian LHK Rangkul Kemendikbud

Feb 22, 2019 20:33
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar saat berbicara dalam kuliah tamu (Foto: Imarotul Izzah/MalangTIMES)
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar saat berbicara dalam kuliah tamu (Foto: Imarotul Izzah/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan saat ini melakukan kerja sama dengan kampus-kampus dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyukseskan gerakan menanam 25 pohon seumur hidup. Hal ini disampaikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc saat berkunjung ke Malang.

"Yang baru kita dorong adalah kita minta dan kerjasama dengan kampus sama menteri pendidikan bahwa kepada anak-anak sekolah didorong untuk menanam 25 pohon," ujar Nurbaya saat mengisi kuliah umum di Gedung Rektorat Universitas Brawijaya (UB) lantai 8 tadi (22/2).

Baca Juga : Terkuak, Data Petani Terkena Limbah Greenfields Sejak Tahun Lalu Telah Dilaporkan, Tapi...

Gerakan menanam 25 pohon seumur hidup ini telah tertuang dalam Instruksi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan INS.1/MENLHK/PDASHL/DAS.1/8/2017 yang mewajibkan kita menanam dan memelihara sekurang-kurangnya 25 pohon selama hidup. Angka 25 batang itu berasal dari 5 batang saat sampai jenjang SD, 5 batang SMP, 5 batang SMU, 5 batang perguruan tinggi, dan 5 batang saat menikah.

"Jadi 5 pohon saat SD, 5 pohon saat SMP, 5 pohon saat SMA, 5 pohon saat di kampus, dan 5 pohon saat menikah," jelas Nurbaya lebih lanjut.

Menurutnya, saat ini sudah ada berapa kampus yang melaksanakan instruksi ini. Bahwa apabila mahasiswa sudah lulus, utang menanam pohonnya harus sudah tuntas. "Sudah ada juga kampus yang sudah melakukan seperti itu," imbuhnya.

Baca Juga : Hama Tikus Bikin Buntung, Dinas Pertanian : Alat Bantuan Masih Terkendala Lelang

Untuk diketahui, pada 2 Agustus 2017 lalu, Presiden RI Joko Widodo juga telah mencanangkan prangko edisi khusus mengajak masyarakat Indonesia untuk menanam minimal 25 pohon per warga untuk seumur hidup.

Topik
MalangBerita MalangKampanye TanamKementerian LHKDr Ir Siti Nurbaya Bakar

Berita Lainnya

Berita

Terbaru